Air Liur Burung Walet, Segudang Manfaat Bikin Harganya Selangit

3 min read

Kenapa sih air liur burung walet yang menjadi komponen utama pembentukan sarang burung walet sangat tinggi? Banderol harga yang fantastis dari sarang walet yang mencapai lebih dari dua puluh juta perkilo tersebut bisa dibilang wajar jika melihat manfaat dari komponen utamanya. Memang apa saja manfaat-manfaat yang dikandungnya?

Air Liur Burung Walet

8 Manfaat Air Liur Burung Walet

Khasiat dari saliva atau air liur burung walet pertama kali dikenal di Tiongkok. Di sana, air liur yang telah kering dan mengeras sehingga membentuk sarang dijual dan dikonsumsi secara bebas. Sebagai negara yang tersohor akan kemanjuran obat-obatan herbalnya, kebiasaan mengonsumsi liur walet itu lantas menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Di bawah ini merupakan deretan manfaat yang dimiliki air liur burung walet yang habitat aslinya berada di gua-gua sekitar pesisir pantai itu :

1. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat dari air liur burung walet yang pertama adalah sebagai penangkal radikal bebas alami tubuh. Kandungan anti oksidan serta asam amino dari liur walet cukup tinggi. Zat-zat itu menyingkirkan racun yang masuk ke dalam tubuh dengan menetralisir lalu mengeluarkannya dari jaringan. Dengan begitu, racun tidak menyebar hingga melemahkan imunitas tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tidak hanya menetralisir lalu mengeluarkan racun dalam tubuh, manfaat air liur walet lainnya adalah meningkatkan imunitas hingga dua kali lipat. Hal itu sebagai bentuk antisipasi jika racun yang sama menjadi resisten atau kebal karena pernah dilemahkan oleh saliva burung walet. Dengan imunitas tinggi pula, seseorang cenderung lebih sulit jatuh sakit.

3. Mempercepat Proses Pemulihan

Air liur dari walet diketahui memiliki kandungan mineral yang cukup besar. Zat ini bermanfaat untuk proses regenerasi jaringan-jaringan dalam tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsinya membuat proses penggantian sel-sel yang bermasalah dalam tubuh menjadi lebih mudah. Sangat disarankan bagi mereka dengan luka luar yang sulit sembuh untuk menjajal terapi saliva walet.

4.  Menguatkan Kehamilan dan Kesehatan Janin dalam Kandungan

Sebelum manfaat dari air liur burung walet tersebar ke Indonesia, ibu-ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air kelapa secara teratur. Kandungan dari minuman yang disebut dengan itu diyakini dapat membuat janin lebih kuat dan kulit bayi saat lahir menjadi putih. Sisi negatifnya, yaitu ukuran janin dalam kandungan menjadi terlalu besar.

Efek samping itu tidak ditemukan dari konsumsi saliva burung walet. Sebab itulah kemudian air kelapa tidak terlalu disarankan dan diganti dengan sarang walet yang terbentuk dari air liurnya. Selain membuat janin berkembang dengan sempurna dan sehat dalam kandungan, serapan nutrisinya memberikan energi tambahan untuk ibu yang tengah mengandung.

5. Menurunkan dan Menjaga Stabilitas Kolesterol

Kolesterol merupakan problematika kesehatan yang cukup serius. Terutama bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi yang riskan bermasalah dengan kolesterol. Air liur walet terbukti ampuh mengatasi permasalahan tersebut melalui khasiatnya dalam melunturkan lemak-lemak jahat dalam tubuh. Jika lemak jahat terkontrol dengan baik, maka kolesterol pun tidak akan menumpuk.

6. Menjaga Kecantikan dan Kelembutan Kulit

Kegunaan lain air liur burung walet adalah untuk kecantikan. Kemampuan regenerasi jaringan dari salivanya tidak hanya berlaku untuk kesehatan tubuh secara general, tetapi juga untuk kecantikan secara spesifik. Mengonsumsi sarang walet secara teratur akan membantu sel-sel kulit mati terangkat dan terganti dengan jaringan baru yang sehat.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda atau orang terdekat, terutama anak-anak, mengalami gangguan nafsu makan, maka bisa melakukan terapi air liur burung walet. Karena salah satu manfaatnya yang diketahui secara luas adalah meningkatkan atau memperbaiki selera makan. Studi ini telah teruji pula secara klinis hingga menjadi metode perangsang nafsu makan secara alami yang paling direkomendasikan.

8. Sebagai Anti Aging Alami

Penuaan dini merupakan hal yang sangat dikhawatirkan, terutama oleh kaum hawa. Menggabungkan kemampuannya sebagai penangkal radikal bebas dan regenerasi jaringan secara cepat, air liur burung walet dapat pula menjadi bahan anti aging alami. Anda tidak perlu lagi melakukan perawatan mahal hingga operasi plastik untuk menangkal penuaan dini tersebut.

Tips Memilih dan Mengolah Sarang Walet Agar Kandungan Gizinya Sempurna

Air liur burung walet yang sudah berbentuk sarang memiliki banyak jenis. Supaya bisa mendapatkan manfaatnya, penting memilih dan mengolah sarang secara saksama dan benar. Bagaimana karakteristik sarang dengan kandungan gizi serta khasiat tinggi?

  1. Sebaiknya pilih sarang walet yang berwarna putih atau masuk dalam grade A. Harganya memang paling mahal, tapi nutrisinya yang terbaik. Grade B masih dalam kategori yang layak dikonsumsi jika stok grade A tidak tersedia karena mayoritas produsen memilih mengekspornya.
  2. Beli dari produsen sarang walet yang bersertifikat. Sebab, dewasa ini ada oknum-oknum yang memasarkan sarang burung walet palsu dari segi grade-nya. Sarang dengan kualitas rendah disulap sedemikian rupa hingga bisa dijual dengan harga mahal.

Supaya tidak sampai tertipu, ketika sudah membeli sarang dari air liur burung walet, rendam dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit. Jika warnanya tidak berubah, maka sarang tersebut memang bagus. Namun jika warnanya dari putih menjadi hitam, berarti sarang tersebut sudah dicurangi. Sebaiknya dibuang saja karena sudah terpapar pewarna.

Cara Mengolah Sarang Walet yang Baik dan Benar

Lantas, bagaimana dengan pengolahan air liur burung walet yang benar? Cara yang paling direkomendasikan dalam mengonsumsi sarang walet adalah dengan dibuat sup. Berikut adalah step by step pembuatan sarang burung walet menjadi sup :

  1. Rendam sarang walet yang baru saja dibeli ke air dengan suhu netral selama 2 jam. Langkah tersebut akan membuat sarang walet lembek. Kemudian, keringkan selama 4 jam. Setelahnya, harus direndam lagi 12 jam agar sarang bisa mengembang.
  2. Jika sudah cukup mengembang, buang air rendaman. Selanjutnya, cuci bersih sarang walet di bawah air mengalir.
  3. Sobek sarang walet menjadi irisan-irisan yang relatif kecil agar kandungan gizinya dapat tereksplorasi secara menyeluruh.
  4. Panaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan irisan-irisan sarang walet tersebut dan rendam selama kurang lebih 10 menit. Angkat.
  5. Masukkan panci yang masih berisi rebusan sarang walet ke dalam panci dengan ukuran lebih besar. Jangan lupa diberi air cukup banyak tapi tidak sampai merendam panci di dalamnya. Rebus 5 menit, tambahkan gula batu. Sup sarang walet siap dinikmati.

Sebagai catatan, jangan merebus dengan api yang terlalu besar. Selain itu, temperaturnya pun harus diperhatikan karena sarang walet tidak boleh dimasukkan dalam air bertemperatur 100 derajat, apalagi lebih. Kedua hal tersebut, bila dilakukan akan menghilangkan kandungan gizi dari air liur walet itu sendiri dan mengubahnya menjadi racun.

Air liur burung walet yang sudah diolah hanya bertahan selama beberapa jam saja. Bisa dilihat dari warnanya di mana dapat berubah menjadi kekuningan hingga kehitaman. Jika sudah mengalami perubahan warna, artinya sup sarang walet itu sudah tidak layak konsumsi. Dan tidak disarankan untuk menyimpannya dalam lemari pendingin karena merusak nutrisinya.

Sifat Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin anda masih belum memahami sifat burung walet. Sifat ini perlu untuk anda ketahui agar bisa mengetahui lebih jauh bagaimana seharusnya memperlakukan burung tersebut....
info walet
1 min read

4 Cara Membasmi Hama Walet dengan Mudah

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membasmi hama walet yang membuat burung tersebut menjadi sakit bahkan sampai meninggal. Adapun Beberapa contoh dari hama walet  diantaranya...
info walet
1 min read

5 Penyakit Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja penyakit Burung walet itu dan apa yang menjadi penyebabnya? Sama seperti manusia, burung walet pun juga bisa sakit sehingga mengganggu segala aktivitas...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *