Apa Saja Makanan Burung Walet Itu?

1 min read

Bagi seorang peternak Walet, informasi mengenai makanan burung walet sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai anda memberikan makan yang salah sehingga burung tersebut enggan untuk memakannya. Makan merupakan salah satu cara bagi makhluk hidup untuk bisa bertahan hidup, tak terkecuali burung walet.

Dengan rutin memberikan makanan, tentu saja bisa membuat burung walet menjadi lebih sehat dan aktif bergerak. Namun pastikan juga, anda benar-benar memberikan makanan yang higienis dan memang iya suka. Tahukah anda apa saja makanan walet itu? Berikut ini adalah penjelasannya :

 

Makanan Burung Walet di Alam Bebas

Makanan burung walet

Di alam bebas, hewan yang satu ini bisa mendapatkan makanannya dengan begitu mudah. Mereka bisa terbang ke sana ke mari untuk memperoleh pakan yang diinginkannya. Pada umumnya, burung walet akan menuju ke hutan, rawa-rawa, atau daerah pertanian untuk menemukan makanan.

Di alam bebas, burung walet akan memakan serangga serangga kecil dan hewan sejenis lainnya. Burung walet tidak akan pernah susah mencari makanan, sekalipun mereka sering melakukannya. Apalagi jika walet tersebut sudah dewasa, tentu akan semakin mudah dalam mencarinya.

 

Makanan Burung Walet Ketika Masih Piyik

Makanan burung walet piyik
Sumber gambar : youtube.com

Pakan piyik walet tentu saja harus anda perhatikan sebaik mungkin. Karena hal ini merupakan salah satu cara merawat burung walet dengan baik. Saat masih menjadi piyik, urusan makanan walet tersebut sejatinya sudah menjadi urusan sang induk. Hal ini membuat anda tak perlu lagi memberinya pakan dari luar karena membuat sang indukan merasa terganggu dan menjadi kabur.

Untuk itu, Pastikan piyik walet benar-benar makan langsung dari mulut indukan walet. Hal ini dapat meningkatkan resistensi piyik karena makanannya mengandung antibodi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, anda hanya perlu memberi makan indukannya saja. Anda bisa membuat kolam di sekitar lokasi sarang untuk sarang nyamuk dan kutu air yang menjadi makanan utama walet. Pastikan stok makanan selalu tersedia supaya anakan walet tidak telat makan sehingga pertumbuhannya menjadi terganggu. Alternatif lain, anda bisa menanam lamtoro,  akasia, waru, atau mangga di sekitar pekarangan untuk sarang serangga.

 

Makanan Burung Walet Dewasa

Saat burung walet dewasa, mereka sudah bisa mencari makanan sendiri di alam bebas. Makanannya tetap sama, yaitu serangga kecil. Selain itu, ulat juga bisa jadi alternatif makanan terbaik. Ulat memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi dan bagus untuk tumbuh kembang burung walet.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan ulat sebagai menu makanan burung walet. Yang pertama, bisa anda lakukan dengan menghamparkan bahan-bahan seperti tepung tapioka, singkong, dan berbagai macam kacang-kacangan di lantai tempat sarang burung walet tersebut berada.

Cara kedua yaitu dengan menggunakan kulit buah-buahan seperti kulit  rambutan, kulit nangka, kulit mangga dan beberapa jenis kulit buah lain. Hamparkan kulit di lantai dan tunggu hingga kulit tersebut membusuk. Lambat laun akan mengeluarkan ulat dan juga serangga kecil.

 

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai makanan burung walet, baik yang masih piyik maupun yang telah dewasa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

5 Langkah dan Cara Membuat Sarang Walet

Bila anda ingin memulai bisnis ternak walet, salah satu langkah awal yang perlu anda pelajari adalah cara membuat sarang walet. Sebab sarang menjadi hal...
info walet
2 min read

Cara Menyimpan Sarang Walet Supaya Bernilai Jual Tinggi

Masih banyak yang belum tau, ternyata ada cara menyimpan sarang walet sehingga membuat harga jualnya semakin mahal. Hal ini perlu diketahui oleh para peternak...
info walet
1 min read

3 Cara Panen Sarang Walet, Sangat Mudah!

Cara panen sarang walet tentunya harus dipahami oleh semua peternak burung walet atau pun anda yang ingin membuat bisnis ternak walet. Sebab penghasilan utama...
info walet
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *