Apa Saja Sumber Pakan Walet?

1 min read

Sebagai peternak walet apakah anda sudah mengetahui sumber pakan walet yang tepat? Atau justru anda asal dalam memberikan makanan? Jangan sampai hal itu terjadi. Sama seperti hewan lainnya, burung walet harus diperlakukan dengan sebaik mungkin. Termasuk ketika memberinya makan agar lebih bertenaga dan tumbuh kembangnya semakin baik.

 

Apa Saja Sumber Pakan Walet Itu?

Sumber pakan walet

Hingga saat ini yang saya ketahui, hewan satu ini gemar memakan hewan-hewan yang sangat kecil. Terutama jenis-jenis serangga. Beberapa diantaranya yaitu : lalat buah, lebah kecil, laron, belalang, rayap, capung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu walet tidak akan mau jika diberi makan ayam goreng maupun ikan goreng.

 

Lokasi Sumber Pakan Walet

Burung walet biasanya pergi ke tempat-tempat tertentu untuk mencari makanan secara berkelompok. Berikut ini merupakan lokasi yang menjadi tempat walet untuk mencari pakan :

 

Sentra Primer

Sentra Primer merupakan tempat utama bagi walet untuk menemukan banyak sekali makanan. Di tempat inilah merupakan tempat berkumpulnya banyak serangga yang secara notabene menjadi makanan utama dari burung walet. Adapun yang dimaksud wilayah sentra primer antara lain yaitu rawa-rawa, perkebunan, sawah, dan aliran sungai.

 

Sentra Sekunder

Kemudian yang kedua adalah wilayah sentra Sekunder. Lokasi ini merupakan tempat yang sengaja disediakan manusia supaya burung walet bisa makan di tempat tersebut. Biasanya yang dimaksud dengan sentra sekunder yakni tempat penggilingan padi, tempat pembuangan sampah, pasar tradisional, dan areal pertambakan.

Lokasi-lokasi tersebut dinilai strategis dan sangat cocok dijadikan tempat membangun gedung yang baru. Sudah pasti walet lebih suka tinggal di wilayah yang dekat dengan sumber makanannya. Jadi, sentra sukunder dapat dijadikan lokasi alternatif bagi burung walet untuk mendapatkan makanan.

 

Jadi jangan sekali-kali sembarangan memberikan makanan kepada burung walet. Apalagi sampai harus mengurungnya ke dalam kandang. Pastikan anda memberikan beberapa sumber pakan walet yang telah disebutkan di atas. Mari rawat dengan baik burung walet yang kita miliki dan pastikan hewan ini tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

 

 

2 Macam Migrasi Walet yang Harus Anda Ketahui

Tahukah anda mengenai migrasi walet? Apa saja jenis-jenisnya dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pada intinya, migrasi merupakan perpindahan burung walet dari suatu tempat...
info walet
56 sec read

4 Aroma yang Tidak Disukai Walet

Tahukah anda? Ternyata ada aroma yang tidak disukai walet dan membuatnya merasa tidak nyaman. Ini adalah hal yang lumrah terjadi, sama seperti halnya yang...
info walet
1 min read

Sifat Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin anda masih belum memahami sifat burung walet. Sifat ini perlu untuk anda ketahui agar bisa mengetahui lebih jauh bagaimana seharusnya memperlakukan burung tersebut....
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *