4 Aroma yang Tidak Disukai Walet

1 min read

Tahukah anda? Ternyata ada aroma yang tidak disukai walet dan membuatnya merasa tidak nyaman. Ini adalah hal yang lumrah terjadi, sama seperti halnya yang kurang suka dengan bau-bauan tertentu. Nah apa saja aroma tersebut? Berikut ini ulasannya untuk anda!

 

Beberapa Aroma yang Tidak Disukai Walet

Aroma yang tidak disukai walet

Burung walet adalah burung dengan sayap meruncing, berekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. Hewan ini senang hidup berkelompok dan dapat dengan mudah anda menemukannya di wilayah tropis, termasuk di Indonesia.

Burung walet sangat tidak suka dengan aroma-aroma tertentu. Meskipun belum ada pembuktian yang nyata, anda tetap perlu menghindarinya dari bau-bauan tersebut sebagai bentuk kewaspadaan. Apa saja aroma tersebut? Berikut ini adalah daftarnya :

 

1. Bau Cabe Goreng

Cabe merupakan jenis Sayuran yang mempunyai rasa yang pedas. Selain itu bau Cabe juga khas dan cenderung menusuk hidung. Bagi siapapun yang tidak tahan, pasti merasa terganggu dengan baunya. Tak cuma manusia, burung walet pun juga merasa tidak nyaman ketika mengetahui ada bau Cabe Goreng. Alhasil, mereka akan pergi jika sampai menemukan cabe.

 

2. Bau Terasi

Selain cabe goreng, burung walet juga tidak menyukai aroma terasi. Bumbu dapur hasil fermentasi udang ini dianggap memiliki bau yang sangat tajam. Kawanan burung walet pasti akan kabur jika didekatnya terdapat banyak terasi.

 

3. Aroma Asap Pembakaran

Asap yang diakibatkan karena pembakaran juga merupakan salah satu aroma yang tidak disukai walet. Apalagi jika asapnya semakin banyak, tentu walet pun akan merasa resah dan terganggu. Walaupun beberapa pakar budidaya walet menyatakan bahwa asap tidak terlalu berefek besar terhadap walet, tetapi tetap saja anda harus mewaspadai hal ini dan memindahkannya ke tempat yang jauh dari asap pembakaran.

 

4. Aroma Gedung Baru

Sebenarnya ini hanya masalah adaptasi saja. Sama seperti manusia yang masih merasa asing jika harus tinggal di tempat yang baru. Biasanya walet merasa kurang nyaman karena adanya aroma semen pada gedung tempat ia tinggal. Maka dari itu, para petani perlu untuk menggunakan parfum pemikat walet supaya burung tersebut lebih betah tinggal di sarangnya.

 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai beberapa aroma yang kurang disukai oleh burung walet. Jauhkan dari tempat-tempat tersebut, maka walet anda bisa hidup dengan tenang dan nyaman.

Apa Saja Makanan Burung Walet Itu?

Bagi seorang peternak Walet, informasi mengenai makanan burung walet sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai anda memberikan makan yang salah sehingga burung tersebut enggan...
info walet
1 min read

5 Langkah dan Cara Membuat Sarang Walet

Bila anda ingin memulai bisnis ternak walet, salah satu langkah awal yang perlu anda pelajari adalah cara membuat sarang walet. Sebab sarang menjadi hal...
info walet
2 min read

Cara Menyimpan Sarang Walet Supaya Bernilai Jual Tinggi

Masih banyak yang belum tau, ternyata ada cara menyimpan sarang walet sehingga membuat harga jualnya semakin mahal. Hal ini perlu diketahui oleh para peternak...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *