Peternak Wajib Tau! Berikut 7 Cara Cepat Memanggil Walet agar Mau Bersarang

3 min read

Belakangan ini, tengah banyak penghobi burung yang mencari cara cepat memanggil walet ke bangunan buatannya. Bukan untuk dipelihara, burung – burung walet ini diternakan dalam satu ruangan besar agar mereka bersarang dan berkembang biak. Barulah sarang burung walet ini yang dipanen dan dijual.

cara cepat memanggil walet

Namun, cara memancing agar walet cepat menginap dan membuat sarang juga tidak mudah. Kita perlu mempersiapkan rumah yang disukai walet agar ia mau masuk dan menetap. Bukan hanya itu, terdapat beberapa penyebab walet tidak mau masuk ke bangunan yang kita siapkan, di antaranya :

  • Suhu yang terlalu panas
  • Terdapat hewan predator yang membuat walet takut
  • Suara pancingan yang tidak menarik
  • Penataan ruang yang membuat walet tidak nyaman

 

7 Cara Cepat Memanggil Walet

Sebenarnya ada banyak cara untuk memanggil burung walet ke bangunan yang kita persiapkan. Salah satunya adalah dengan teknik penyemprotan parfum walet yang membuatnya terpikat. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas cara cepat memanggil walet berikut ini.

 

Persiapkan Bangunan Yang Nyaman

Cara cepat memanggil walet yang pertama adalah dengan mempersiapkan bangunan yang nyaman untuk para burung. Tentunya, tempat yang nyaman akan membuat burung walet cepat bersarang dan menginap di bangunan yang kalian siapkan.

Untuk membuat bangunan yang nyaman, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Salah satunya adalah ukuran yang luas tanpa banyak sekat di dalamnya. Selain itu, pastikan pula burung walet dapat bersarang dengan nyaman di langit – langit bangunan.

 

Gunakan Suara Yang Akan Memikat Burung Walet

Salah satu rahasia para penghobi burung walet dapat memancing banyak burung ke sarang buatannya adalah karena mereka menggunakan suara kicauan burung lain yang bisa memancing burung walet. Umumnya, jenis kicauan yang digunakan adalah burung piyek atau anak walet.

Caranya juga cukup mudah. Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, kalian hanya perlu mencari rekaman audio burung piyek di internet. Kemudian, masukan audio tersebut ke dalam radio atau compact disk dan mainkan selama kurang lebih 3 bulan.

Sedikit demi sedikit, akan ada burung walet yang datang ke bangunan kalian. Memang, mungkin awalnya burung walet hanya akan berputar – putar di sekitar bangunan saja. Namun bila satu burung sudah menyarang, maka dalam waktu dekat ia akan segera membawa koloninya dan bersarang di tempat yang sama.

 

Gunakan Bilik Bambu Untuk Tempat Walet Bersarang

Belum banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya burung walet akan lebih mudah bersarang di bilik atau anyaman bambu dibandingkan dengan tembok langsung. Hal ini akan membuat liur dari walet menempel lebih kuat dan tidak mudah jatuh. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan bilik, gedek, atau bahkan besek untuk membuat walet semakin nyaman.

Caranya adalah dengan menempelkan potongan bilik bambu ke langit – langit bangunan. Selain itu, kalian juga bisa menempatkan kotak – kotak besek dari bambu di lantai bangunan. Nantinya, burung walet akan mencari tempat yang paling nyaman untuknya bersarang baik di atas ruangan maupun di tempat besek.

 

Gunakan Parfum Aroma Walet

Cara cepat memanggil walet yang berikutnya adalah dengan menggunakan teknik penyemprotan parfum walet. Sesuai dengan namanya, parfum ini memiliki wangi layaknya burung walet sehingga dapat memikat burung – burung yang lain.

Ada 2 cara penyemprotan parfum walet yaitu dengan menggunakan kotorannya dan menggunakan jus sarang walet. Nah untuk yang pertama, kita akan memberi tahu cara membuat parfum walet dari kotorannya.

  • Campurkan 10 kg kotoran walet dengan 5 liter air hingga rata
  • Endapkan campuran ini hingga 5 hari 5 malam
  • Pisahkan air dengan endapan
  • Campurkan kembali air yang dihasilkan dengan minyak ikan dengan perbandingan 3:1
  • Semprotkan parfum walet yang sudah jadi ke seluruh tembok seminggu sekali untuk menarik perhatian walet
  • Jangan terlalu berlebihan dalam menyemprot parfum walet ini. Sebab bila terlalu banyak, zat ammonia yang timbul bisa menyebabkan bangunan menjadi tidak sehat untuk walet maupun untuk kalian.

 

Baca juga : cara membuat parfum walet

 

Nah berikutnya adalah cara membuat jus sarang walet, berikut tata caranya.

  • Rendam sarang walet di dalam air bersih selama 1 jam
  • Blender sarang yang sudah dicuci hingga benar – benar halus
  • Kemudian, oleskan jus sarang walet yang halus ke nesting plank

Atau, kalian juga bisa mengoleskannya ke besek yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jus sarang walet ini akan mengeluarkan aroma liur walet yang membuat burung walet baru merasa tidak asing di sarang barunya. Karena hanya digunakan sebagai pemikat, kalian bisa menggunakan sarang walet dengan kualitas rendah untuk membuat jus sarang walet ini.

 

Jaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk

Seperti yang kita ketahui, walet merupakan jenis burung yang lebih nyaman berada di tempat bersuhu rendah. Ketika suhu ruangan mulai meningkat, burung – burung walet akan meninggalkan sarangnya dan mencari sarang yang baru.

Oleh karena itu, cara cepat memanggil walet yang berikutnya adalah dengan menjaga suhu di dalam bangunan sarang walet terus stabil. Caranya adalah dengan menggunakan hygnometer. Alat ini akan memberi tahu suhu ruangan di sekitarnya. Umumnya, burung walet akan merasa nyaman dengan suhu 19o ke bawah.

 

Pancing Walet Dengan Kapinis

Memancing walet dengan memanfaatkan burung kapinis juga bisa kalian lakukan. Memang, cara ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu yang lebih lama. Namun bila ada walet yang terpancing, dapat dipastikan walet akan betah dan berkembang biak dengan cepat di sana.

Caranya adalah dengan menempatkan terlebih dahulu beberapa burung kapinis di dalam bangunan yang kalian persiapkan. Nantinya bangunan akan penuh dengan burung kapinis selama beberapa bulan. Namun, satu per satu burung walet akan masuk dan mulai mengusir semua burung kapinis yang ada.

 

Baca juga : burung walet putih

 

Menggunakan Telur Bebek

Cara cepat memanggil walet yang terakhir adalah dengan menggunakan telur bebek sebagai pancingannya. Bau dari telur bebek akan membuat burung walet tertarik dan mendatangi bangunannya.

Cara memancing burung walet dengan telur bebek juga cukup mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan 7 butir putih telur bebek dan 4 buah sarang walet. Campurkan semua bahan dengan 60 liter air, kemudian diamkan di tempat tertutup selama 2 minggu. Semprotkan air yang sudah kalian buat ke dinding bangunan di pagi hari. Sehingga baunya cepat menguap dan tidak terlalu tajam.

 

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Walet Membuat Sarang?

Setelah burung walet mulai memenuhi bangunan, kini kalian hanya perlu membuatnya nyaman dan bisa berkembang biak. Pastikan suhu ruangan selalu dingin khususnya di musim kemarau. Sebab jika terlalu panas, tidak menutup kemungkinan walet akan kabur dan mencari sarang baru.

 

Baca juga : bisnis walet dan resikonya

 

Demikianlah 7 cara cepat memanggil walet yang bisa anda lakukan. Harga sarang walet yang mahal, bisa kalian manfaatkan sebagai lahan penghasilan utama. Dan semoga dengan cara ini walet anda lebih mudah untuk masuk ke dalam kandang.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *