4 Cara Membasmi Hama Walet dengan Mudah

1 min read

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membasmi hama walet yang membuat burung tersebut menjadi sakit bahkan sampai meninggal. Adapun Beberapa contoh dari hama walet  diantaranya yaitu semut, tokek, cicak, tikus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Melakukan pembasmian ini tentunya sangat mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan hanya memanfaatkan benda-benda atau bahan-bahan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, pembasmian ini paling tidak memperkecil peluang hama tersebut untuk mendekati Si Burung Walet

 

Bagaimana Cara Membasmi Hama Walet?

Cara membasmi hama walet

Guna mencegah dan membasmi hama yang jadi penyebab terganggunya kesehatan burung walet, beberapa hal dapat anda lakukan yaitu sebagai berikut :

 

1. Menggunakan Racun Tikus

Racun tikus

Sesuai dengan namanya, cara satu ini digunakan untuk mengusir hama walet yaitu Tikus. Sebagaimana yang kita ketahui, tikus dapat membuat burung walet menjadi stres sehingga tidak mau menempati rumah atau gedung itu lagi.

 

2. Pemasangan Jaring Jala

Pemasangan Jaring Jala pada sekitar gedung walet dilakukan dengan tujuan mencegah tokek masuk ke dalam rumah walet. Akan sangat berbahaya jika tokek sampai berhasil masuk karena kotorannya membuat burung walet semakin terganggu. Selain dengan jaring Jala, anda juga bisa mencegah tokek masuk ke dalam rumah walet dengan membuat ranjau dan penangkal anti tokek berupa seng berigi dan tajam.

 

3. Menyemprotkan Insektisida

Cara membasmi hama walet selanjutnya adalah bisa dengan memanfaatkan insektisida yang mampu mengusir kecoa sekaligus dapat membuat gedung walet menjadi jauh lebih bersih daripada sebelumnya. Dengan pembasmian ini membuat kecoa tidak lagi membuat sarang walet menjadi cacat dan kecil.

 

4. Pasang Bola Lampu di Lubang Masuk Walet

Pemasangan lampu ini ditujukan agar burung hantu tidak lagi menyerang burung walet yang ada di dalam gedung. Tentang pemasangannya sendiri, anda bisa memasang bola lampu berdaya 10 Watt di 50 cm dari bibir lubang. Nyalakan lampu tersebut sebelum jam 7 malam dan matikan pada pukul 5 pagi.

 

Sangat mudah bukan? Dengan menerapkan cara membasmi hama walet seperti di atas, niscaya burung walet anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit ataupun gangguan binatang lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam melakukannya.

2 Macam Migrasi Walet yang Harus Anda Ketahui

Tahukah anda mengenai migrasi walet? Apa saja jenis-jenisnya dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pada intinya, migrasi merupakan perpindahan burung walet dari suatu tempat...
info walet
56 sec read

4 Aroma yang Tidak Disukai Walet

Tahukah anda? Ternyata ada aroma yang tidak disukai walet dan membuatnya merasa tidak nyaman. Ini adalah hal yang lumrah terjadi, sama seperti halnya yang...
info walet
1 min read

Apa Saja Sumber Pakan Walet?

Sebagai peternak walet apakah anda sudah mengetahui sumber pakan walet yang tepat? Atau justru anda asal dalam memberikan makanan? Jangan sampai hal itu terjadi....
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *