6 Cara Membuat Parfum Walet, Sangat Mudah!

3 min read

Cara Membuat Parfum Walet perlu untuk anda ketahui sebagai salah satu usaha untuk membuat burung walet anda tetap merasa nyaman tinggal di kandangnya. Karena bagaimanapun sesungguhnya burung walet merupakan hewan yang terbiasa hidup di alam bebas, perlu pembiasan agar hewan satu ini betah tinggal di tempat yang asing.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat parfum walet dengan mudah dan bisa anda ikuti. Selengkapnya mari simak pembahasannya berikut ini :

 

Cara Membuat Parfum Walet Sendiri

Cara membuat parfum walet

Untuk membuat parfum walet, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah rumput laut dan sarang walet. Berikut adalah cara pembuatannya :

  1. Cuci sarang walet sejumlah 100 gram sebanyak 3 kali. Setelah itu rendam selama 1 malam.
  2. Siapkan 50 gram rumput laut lalu rendam hingga terasa lembut. Kemudian campurkan kedua bahan dan haluskan dengan blender. Setelah itu tambah 5 liter air bersih.
  3. Diamkan campuran ini selama 1 bulan atau hingga berwarna keruh kekuningan dan mulai tercium bau amis. Saring cairan tersebut guna memisahkan sarang dari cairan dan ampas rumput laut.
  4. Cairan yang sudah siap bisa dioleskan pada sirip. Namun ramuan ini tidak bisa didiamkan terlalu lama, jadi segera oleskan ke sayap walet anda. Manfaatnya akan hilang, maka dari itu hindarilah.

 

Cara Membuat Parfum Walet II

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan cara kedua berikut ini. Adapun bahan yang digunakan adalah kotoran walet dan air hujan. Berikut ini adalah cara pembuatannya :

Rendam kotoran walet dalam baskom dengan air hujan selama tujuh hingga 14 hari.

Setelah lebih dari 2 minggu parfum siap digunakan dan diaplikasikan pada gedung walet yang baru dengan cara disemprotkan pada dinding bangunan bagian dalam. Cukup simpel bukan?

 

Baca juga : pantangan burung walet.

 

Cara Membuat Parfum Walet III

Apakah memang ada cara lain? Tentu saja ada. Untuk melakukannya, anda perlu menyiapkan beberapa bahan yakni sebagai berikut

  • 1-5 sarang burung walet yang berkualitas paling buruk
  • 5 liter air bersih yang telah didiamkan selama 1 malam
  • 5 butir telur itik/ayam/bebek

 

Cara pembuatan :

  1. Rendam sarang burung walet di dalam air selama kurang lebih 1 jam. Selanjutnya hancurkan sarang burung walet yang telah direndam tadi hingga halus menggunakan mesin blender.
  2. Buka telur ayam, bebek, atau telur dengan membuang kuning telurnya.
  3. Masukkan 5 liter air pada sebuah waduh lalu masukkan juga sarang yang telah dihaluskan bersama putih telur kedalamnya. Aduk hingga semua tercampur rata dan kemudian tutup rapat.
  4. Simpan di tempat yang sejuk, jauhkan dari panas matahari selama empat hingga tujuh hari. Tempat yang paling tepat adalah di ruang penginapan.
  5. Setelah hari ke 8 parfum untuk sirip walet sudah siap digunakan. Cara menggunakannya yaitu dengan menguaskan pada papan sirip walet memakai kuas cat atau semprotan hand spray.

Disarankan untuk menyemprotkan parfum sirip walet antara jam 2 siang hingga 3 sore.  Hasilnya adalah kumpulan burung walet akan datang berbondong-bondong mengelilingi kandang walet.

 

Baca juga : cara membuat parfum walet.

 

Cara Membuat Parfum Walet IV

Cara keempat, anda membutuhkan kotoran walet dan juga memanfaatkan air hujan. Proses pembuatan tidak terlalu sulit, ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Rendam kotoran walet dalam baskom dengan air hujan selama satu hingga dua Minggu
  2. Setelah melewati 2 minggu parfum siap digunakan pada gedung walet yang baru. Caranya yaitu dengan menyemprotkan atau menyiramkan pada dinding bangunan bagian dalam.

 

Cara Membuat Parfum Walet V

Untuk cara kelima ini bahan yang dibutuhkan adalah sarang burung walet dan juga putih telur.  Juga memanfaatkan air hujan. Bagaimana cara membuatnya ?

  1. Pertama rendam terlebih dahulu sarang walet agar menjadi lunak selama 1 hari.
  2. Campurkan dengan putih telur dan air hujan lalu di blender
  3. Simpan selama 1 bulan hingga menimbulkan gas dengan tanda botol tempat penyimpanan campuran bahan-bahan tersebut mengembang.
  4. Parfum siap untuk digunakan.

 

Cara Membuat Parfum VI

Berbeda dengan cara sebelumnya, untuk metode keenam ini bahan-bahan yang dibutuhkan sedikit lebih banyak. Dimana salah satu bahan penting yang digunakan adalah Scott Imulsion. Mungkin sedikit membingungkan bagi anda, namun tidak untuk para petani walet

Bagi para peternak lain, Scott emulsion bukan merupakan bahan asing untuk keperluan pembuatan parfum walet. Justru bahan yang satu ini menjadi rahasia dapur utama yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Membuat parfum walet jenis ini tidaklah sulit. Bahan dan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • 1 Botol Scotts Emulsion Original
  • 15 Butir Minyak Ikan
  • 1 Liter Air
  • Mangkok atau ember kecil
  • Semprotan Air dengan kapasitas 1 liter atau lebih
  • Blender

Cara Pembuatan :

  1. Tuangkan Isi Scoot Emulsion pada mangkuk atau ember kecil.
  2. Campurkan 15 minyak ikan plus 1 liter air ke dalam mangkuk atau ember kecil tersebut.
  3. Aduk hinga benar-benar merata. Anda bisa memanfaatkan blender agar prosesnya menjadi jauh lebih cepat.
  4. Jika sudah selesai, masukkan cairan ke dalam alat penyemprot.

Apabila parfum sudah siap maka bila langsung diaplikasikan ke dalam gedung walet. Caranya yaitu dengan menyemprotkan parfum ke dalam ruang inap walet dengan jarak kurang lebih 10 cm dari lajur. Semprotkan juga di beberapa titik berjarak 1 – 2 m dari titik semprot.

Jika penyemprotan sudah berhasil dilakukan maka secara otomatis aroma khas mulai tercium di dalam. Dan parfum ini hanya sekali pakai, jadi bila sudah dibuat segera disemprotkan ke dalam gedung walet tidak perlu menunggu berlama-lama. Dalam kurun waktu 1 bulan anda bisa melakukan pengecekan apakah ada perubahan pada gedung walet tersebut ataukah tidak.

 

Kesimpulan

Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan dan pengolahan parfum walet tidak berbeda jauh antara satu dengan yang lainnya. Selain itu tata caranya juga tidak berbeda jauh perbedaannya. Namun apapun itu, tujuannya tetap sama yaitu membuat burung walet merasa nyaman tinggal pada gedung atau kandang yang telah kita buat.

Merawat hewan peliharaan memang merupakan suatu keharusan. Bukan hanya memberikan makan dan minum saja, tetapi hewan tak terkecuali burung juga membutuhkan yang namanya kenyamanan dan ketentraman selain hanya perut yang kenyang.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan dengan membuat parfum yang bisa diaplikasikan ke dalam kandang walet. Bilamana ramuan parfum yang anda buat pas maka dapat dijamin walet jadi merasa nyaman dan enggan untuk pergi dari dalam gedung.

Namun jika perpaduan komposisi bahan yang anda gunakan tidak tepat, justru dapat memberikan rasa ketidaknyamanan. Walet pun akan lebih mudah kabur dalam rumah.

 

Lainnya : cara mengolah minuman walet.

 

Sebenarnya masih banyak cara membuat parfum walet yang bisa anda lakukan, namun keenam cara tersebut hanya sebagai metode yang paling mudah dilakukan.  Selain itu juga, bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan karena sebagian berasal dari alam yang ada di sekitar kita.

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan mengenai bagaimana membuat parfum untuk sarang walet, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *