3 Cara Membuat Sarang Walet Imitasi

1 min read

Jika sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang manfaat sarang walet imitasi, lalu bagaimana cara membuat sarang walet imitasi itu sendiri? Sebagai seorang peternak, anda wajib untuk membuatnya supaya sang walet bisa betah berlama-lama berada di rumahnya.

Sarang walet buatan sendiri bisa anda buat dengan menggunakan berbagai bahan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Biasanya, dua benda yang sering dijadikan bahan untuk membuat sarang walet imitasi adalah Styrofoam, karton, dan juga tempurung kelapa. Sarang burung walet palsu ini sejatinya merupakan landasan yang dimanfaatkan untuk burung Walet.

 

Cara Membuat Sarang Walet Imitasi

Cara membuat Sarang Walet Imitasi

Membuat sarang burung walet palsu atau imitasi sama sekali tidak sulit dilakukan. Untuk pertama kita akan membahas bagaimana cara membuat Sarang Walet palsu dari bahan styrofoam terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan sarang burung walet imitasi dari karton dan juga tempurung kelapa. Mari disimak penjelasannya.

 

Cara Membuat Sarang Walet Imitasi dari Styrofoam

Sumber gambar : youtube.com

Membuat sarang walet Imitasi berbahan dasar styrofoam sangat mudah dilakukan. Nantinya Styrofoam akan ditempel pada rumah walet anda. Cara membuat sarang walet palsu dari gabus bisa dilakukan dengan cara melumuri styrofoam berukuran 7 x 4 x 2 cm dengan air cucian sarang, kemudian dipasang sirip sebanyak 15-20 buah/meter persegi. Berdasarkan uji coba yang pernah dilakukan salah satu peternak walet, dalam waktu 5 bulan saja bisa meningkatkan populasi walet hingga 30%.

Bahkan uji coba dilakukan tidak hanya selama 5 bulan saja, tetapi selama 3 tahun lamanya. Dan hasilnya memang benar-benar terbukti. Sarang walet imitasi dari styrofoam bisa mendongkrak produksi sarang hingga 30%. Jelas sekali, hal ini sangat menguntungkan bagi anda sebagai peternak walet.

 

Cara Membuat Sarang Walet Imitasi dari Kertas Karton

Selain gabus atau styrofoam, anda juga bisa membuat sarang burung walet palsu dari bahan kertas karton. Kertas ini sangat mudah ditemukan di mana-mana, anda bisa membelinya di toko kertas atau alat tulis yang ada di kota anda. Pilihlah karton berwarna putih, karena mirip dengan warna sarang walet aslinya.

Apakah bisa jika menggunakan karton selain berwarna putih? Sejatinya bisa bisa saja dan walaupun anda membuat sarang walet berwarna selain putih, burung walet tetap mau hinggap ke sana. Tempatkan sarang tersebut di rumah walet secara strategis sehingga bisa menarik perhatian hewan tersebut untuk hingga di sana.

 

Cara Membuat Sarang Walet dari Tempurung Kelapa

Dan yang terakhir, saya akan memberikan tips kepada anda bagaimana membuat sarang burung walet buatan dengan tempurung atau batok kelapa. Potong tempurung kelapa dengan ukuran sekitar 2 cm dan kelengkungan 8 cm. Jangan lupa gergaji terlebih dahulu bagian kanan dan kirinya.

Berikutnya, tempelkan Tempurung Kelapa tersebut pada nesting plank dalam jarak kurang lebih 7 cm dari plafon. Letakkan Tempurung Kelapa di atas paku lalu ikat dengan kawat supaya kuat.

 

Itulah beberapa cara membuat sarang walet Imitasi yang dapat anda lakukan. Untuk hasil yang terbaik, saya sarankan untuk menempatkan sarang buatan tersebut tidak terlalu jauh dari tweeter inap. Sekian dan selamat mencoba!

10 Fakta Burung Walet yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ada banyak fakta burung walet yang mungkin saja belum anda ketahui sebelumnya. Mulai dari ciri-ciri, kebiasaan, bentuk tubuh, dan masih banyak lagi fakta-fakta uniknya...
info walet
2 min read

2+ Manfaat Sarang Walet Imitasi

Zelebour kali ini akan mengulas tentang manfaat sarang walet imitasi yang sangat berguna bagi seorang peternak. Dengan sarang walet yang satu ini, anda bisa...
info walet
1 min read

Ciri Ciri Burung Walet Gunung yang Harus Anda Ketahui

Mengetahui ciri – ciri burung walet gunung akan sangat membantu anda, para pengusaha sarang walet, dalam menentukan jenis burung mana yang ingin anda ternakan....
info walet
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *