5 Langkah dan Cara Membuat Sarang Walet

2 min read

Cara membuat sarang walet

Bila anda ingin memulai bisnis ternak walet, salah satu langkah awal yang perlu anda pelajari adalah cara membuat sarang walet. Sebab sarang menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan jumlah burung walet yang masuk ke gedung sarang burung walet yang anda sediakan.

Memang belakangan ini, bisnis sarang walet kembali naik daun di kalangan masyarakat pinggir kota. Sebab keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini mencapai milyaran setiap tahunnya. Dan harga sarang walet terus melonjak dari waktu ke waktu. Oleh karena itu untuk memulai bisnis sarang walet sukses, anda bisa memulai dengan mempelajari cara membuat sarang burung walet berikut ini.

 

Cara Membuat Sarang Walet Sederhana

sarang burung walet

Sebenarnya, ada beberapa cara membuat sarang burung walet yang bisa anda ikuti. Salah satunya adalah dengan menggunakan papan kayu tipis atau triplek. Nah, berikut ini adalah tata cara membuat sarang walet dari kayu yang bisa anda lakukan.

  • Siapkan beberapa potong triplek dengan ukuran paling tipis
  • Kemudian, tempelkan potongan triplek tersebut ke satu bagian sisi seperti membentuk sekat pembatas
  • Di setiap sekat yang anda buat, tempatkan wadah terpisah yang terbuat dari anyaman bambu
  • Biasanya, tempat anyaman bambu ini digunakan untuk tempat besek pada hajatan, anda bisa membelinya di toko – toko perlengkapan hajatan
  • Tempat besek ini nantinya akan digunakan oleh para walet untuk bersarang dan bertelur

Burung walet lebih suka cara membuat sarang walet rumahan yang terbuat dari kayu dan bambu dibandingkan dengan pasir atau semen. Selain karena lebih sejuk, tempat sarang yang mereka buat juga tidak bersifat permanen dan mudah dibersihkan. Sehingga ia bisa berpindah ke tempat yang lain dalam satu gedung sarang burung walet yang sama.

Selain itu, anda sebagai sang peternak walet, juga akan lebih mudah ketika memanen sarang burung dalam wadah kayu. Sebab anda bisa mencopot wadah tempat besek yang berisi sarang walet dengan cepat dan mengembalikannya lagi dalam kondisi yang sudah kosong.

Sedangkan bila menggunakan tempat sarang walet permanen dari semen dan pasir, membuat waktu memanen lebih lama. Selain itu, biasanya walet tidak mau bersarang lagi di tempat yang sama karena tempat yang sudah kotor atau dan mulai tidak nyaman.

 

Tips Membuat Gedung Sarang Walet

Bukan hanya tempat wadah sarang, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam membuat gedung sarang walet. Sebab hal ini juga menjadi salah satu faktor terpenting banyak atau sedikitnya burung walet yang bersarang di gedung yang anda buatkan.Nah, berikut ini adalah beberapa tips membuat gedung sarang walet yang bisa anda terapkan.

 

Kurangi Bahan Pasir

Bahan pasir dan semen sebenarnya mengundang hawa panas dan sumpek ke dalam bangunan. Sedangkan burung walet lebih suka bangunan yang berhawa sejuk untuk bersarang.

Oleh karena itu, gunakan pasir dan semen hanya untuk pondasi bangunan saja. Ke atasnya, anda cukup menggunakan kayu demi menjaga suhu ruangnan.

 

Perhatikan Jalur Masuk Burung

Tips yang berikutnya adalah selalu perhatikan jalur masuk burung walet. Pastikan semua burung baik yang masih baru ataupun yang sudah bersarang bisa keluar dan masuk bangunan dengan mudah. Oleh karena itu, buatlah lubang masuk burung yang agak besar dan mengelilingi dinding bangunan.

 

Pilih Lokasi Yang Tepat

Demi mendukung banyaknya walet yang masuk ke bangunan, anda juga perlu memilih lokasi yang tepat sebelum memulai pembangunan. Biasanya, walet lebih suka bersarang di daerah dataran tinggi baik lembah, pegunungan, dan daerah yang memiliki banyak tebing.

 

Jadi itulah beberapa cara membuat sarang walet serta sedikit tips dalam membangun gedung sarang walet. Memang modal bisnis ini lumayan besar, tetapi keuntungan dari hasil bisnis yang akan anda dapatkan juga tidak kalah menggiurkan.

Apa Saja Makanan Burung Walet Itu?

Bagi seorang peternak Walet, informasi mengenai makanan burung walet sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai anda memberikan makan yang salah sehingga burung tersebut enggan...
info walet
1 min read

Cara Menyimpan Sarang Walet Supaya Bernilai Jual Tinggi

Masih banyak yang belum tau, ternyata ada cara menyimpan sarang walet sehingga membuat harga jualnya semakin mahal. Hal ini perlu diketahui oleh para peternak...
info walet
1 min read

3 Cara Panen Sarang Walet, Sangat Mudah!

Cara panen sarang walet tentunya harus dipahami oleh semua peternak burung walet atau pun anda yang ingin membuat bisnis ternak walet. Sebab penghasilan utama...
info walet
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *