Cara Pasang Tweeter Walet Agar Mau Bersarang di Kandang

3 min read

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara pasang tweeter walet. Hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan supaya walet mau bersarang. Cara satu ini juga merupakan bagian dari tips sukses melakukan budidaya walet yang bisa anda lakukan.

Dalam memanggil walet, memang diperlukan trik-trik khusus agar burung yang satu ini mau datang ke kandang yang sudah dibuat sebelumnya. Dimana salah satu trik yang dilakukan yaitu dengan menggunakan rekaman suara walet atau yang disebut dengan tweeter.

cara pasang tweeter Walet
Sumber gambar : Tokopedia

Dengan adanya tweeter itulah membuat mengira suara elektronik yang dibunyikan, adalah teman koloninya. Suara itulah yang menarik perhatian walet sehingga mau datang dan masuk ke dalam kandang.

Namun suara harus dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Jangan lupa letakkan di posisi yang tepat dan sesuai. Berikut ini saya berikan informasi bagaimana cara pasang twitter walet yang bisa anda lakukan   :

 

Cara Pasang Tweeter Walet

Sumber gambar : waletniaga-group.com

Dalam memasang tweeter walet, sebenarnya anda hanya perlu tau lokasi-lokasi strategis yang dapat mengundang dan menarik perhatian walet itu sendiri. Namun sebelum saya menjelaskan bagaimana cara memasangnya, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis suara yang dianggap cocok untuk mendatangkan burung tersebut. Salah satunya adalah suara walet birahi.

Jenis suara yang satu ini sangat cocok dipasang di bagian dalam. Namun juga bisa dipasang di bagian luar dengan catatan dilakukan antara pukul enam pagi hingga tujuh malam. Sementara itu suara walet birahi bagian dalam bisa dipasang kapan saja.

Alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang suara yang asalnya dari luar yang dihidupkan sejak jam 5.30 WIB hingga 11.00 WIB. Setelah itu, sore kembali dilanjutkan pada jam 3 sore hingga 7 malam.

 

Posisi Tweeter

Dalam pemasangan tweeter walet, posisi harus benar-benar anda perhatikan. Di rumah walet baru, pastikan anda memasangnya di sudut. Posisi tersebut paling sering didatangi oleh burung walet, terutama yang masih muda. Tempat tersebut menjadi yang paling favorit.

Mengingat usianya masih sangat muda, tentu saja mereka lebih suka menempati tempat-tempat yang dianggap bisa memberikan perlindungan kepada mereka. Salah satunya di sudut rumah walet tersebut. Tempat tersebut dianggap aman karena bisa melindungi walet dari serangan predator.

Guna mendapatkan hasil suara yang maksimal, disarankan bagi anda untuk menggunakan kabel telepon berkualitas baik berukuran 0,6 mm. Usahakan tidak kurang dari 0,5 mm.

 

Arah Hadap Tweeter

Cara pasang tweeter walet juga harus memperhatikan arah hadapnya. Tidak disarankan untuk memasang tweeter saling berhadapan sehingga membuat suara saling bertabrakan. Hal seperti ini juga membuat bingung walet dalam mencari suara. Jadi cara terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah mengarahkan tweeter pada pintu masuk yang menjadi jalan keluar walet tersebut.

 

Perhatikan Penggunakan Kabel dan Mesin Amplifier

Penggunaan kabel untuk instalasi audio rekaman suara tentu harus didukung dengan kabel kualitas terbaik. Perhatikan juga instalasi kabel jangan sampai bersentuhan antara kabel positif dan negatif karena kapan saja bisa mengelupas dan mengakibatkan konsleting.

Tak hanya kabel saja, mesin amplifier juga harus anda beri perhatian. Mesin yang satu ini merupakan sebuah perangkat yang mampu meningkatkan kualitas suara. Jika dahulu mesin ini kebanyakan berukuran besar, berbeda halnya dengan saat ini yang ukurannya sudah lumayan kecil sehingga bisa di bawa dan ditaruh dimana-mana.

Dalam hal pemasangan tweeter walet, daya mesin amplifier sebaiknya disesuaikan dengan tweeter yang digunakan. Jika kabel dan amplifier semuanya sudah oke, bagaimanakah penempatan tweeter yang baik dan benar itu? Berikut adalah penjelasannya :

 

Penempatan Tweeter Walet yang Baik dan Benar

Menempatkan tweeter panggil di sebelah kiri dan kanan rumah burung walet dengan posisi corong menghadap keluar. Siapkan setidaknya dua hingga empat buah tweeter untuk melakukan hal ini.

Cara pasang tweeter walet tarik dilakukan dengan tujuan menarik perhatian burung walet yang telah masuk ke lantai atas supaya turun ke lantai bawah. Anda bisa menempatkan tweeter yang satu ini di bagian belakang rumah inap dan juga bagian void. Posisikan menghadap tweeter panggil yang terletak di bagian atas.

Menempatkan tweeter inap selama 24 jam non stop. Hal ini penting dilakukan agar walet mau menginap dalam rbw. Akan tetapi, anda juga harus memperhatikan kekuatan amplifier yang digunakan. Pastikan mesin mendapatkan pendinginan yang cukup, bisa menggunakan kipas kecil atau sirip aluminium.

Cara pasang tweeter walet inap dapat dilakukan secara selang seling, yang paling penting adalah diupayakan agar suara tweeter inap dapat merata ke seluruh rumah walet sehingga burung yang satu ini akan menginap dan membuat sarang di sana secara merata.

 

Tweeter Walet Harus Rutin Diganti

Tweeter walet seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya menjadi benda yang selalu dan terus menerus digunakan. Lambat laun secara otomatis akan mengalami penurunan kualitas suara, entah cepat atau lambat. Hal ini berlaku baik itu tweeter inap, tweeter panggil, ataupun yang lainnya.

Suara yang dihasilkan menjadi tidak lagi bersih atau tidak natural seperti beberapa tahun yang lalu. Bahkan bukan tidak mungkin jika tweeter walet sudah tidak mengeluarkan suara lagi. Untuk solusinya, anda perlu melakukan pengecekan secara berkala setiap 2 tahun terkait dengan hal ini.

Suara tweeter walet yang berubah bukan tidak mungkin membuat burung walet justru semakin merasa takut. Bukannya masuk ke kandang, justru burung tersebut bisa saja pergi entah kemana. Bila hal ini sampai terjadi, tentu membuat anda merasa rugi harus kehilangan banyak walet.

 

Penyebab Kerusakan Tweeter Walet

Kerusakan tweeter walet bisa disebabkan karena beberapa faktor. Diantaranya yaitu karena hujan ataupun panas. Tak hanya itu saja, kerusakan juga bisa terjadi karena tingkat kelembapan gedung yang tinggi atau memang karena kenakalan burung walet itu sendiri.

Ketika walet menempel lama di belakang tweeter, kaki-kaki walet akan bergerak tidak beraturan, dan dapat melonggarkan ikatan kabel pada tweeter tersebut. Terlebih lagi jika pemasangan kabel yang hanya diikat pada tweeter, membuat kabel menjadi kendor saat kaki walet mencakar cakarnya. Jadi, lebih baik pemasangan tweeter dipatri supaya lebih kuat.

Selaim rutin menggantinya, anda bisa memasang lebih dari 1 tweeter walet di dalam kandang. Tujuannya supaya ketika beberapa bulan ada salah satu tweeter yang sudah menurun kualitas bunyi suaranya, bisa terbantu oleh tweeter yang lainnya.

 

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Dengan melakukan cara pasang tweeter walet di atas Insya Allah walet kesayangan semakin betah untuk tinggal di kandangnya. Akan tetapi, burung walet juga perlu sekali-kali menghirup udah bebas dan mencari makanan di luar sana supaya tidak terlalu merasa terkekang oleh pemiliknya.

Jangan lupa selalu rutin mengganti tweeter walet demi menjaga kualitas suara untuk menghindari banyak hal yang mungkin saja terjadi. Demikian, semoga informasi pemasangan tweeter walet ini bermanfaat bagi semua. Sekian dan terima kasih.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

2 Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Ada beberapa cara mengonsumsi sarang walet yang bisa anda lakukan. Begitupun juga dengan pengolahannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, sarang burung merupakan olahan...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *