13 Ciri-Ciri Burung Walet Lengkap + Penjelasan

3 min read

Masih banyak pecinta walet yang belum tau apa saja ciri-ciri burung walet itu. Bahkan masih banyak juga salah membedakan antara burung walet dengan burung sejenis. Contohnya seperti burung Sriti.

Ciri-ciri burung walet

Harus diakui, jika melihat secara sekilas kedua jenis burung tersebut sangatlah mirip. Bahkan burung walet dan burung Sriti berada dalam genus yang sama, yakni: Collocalia.

Selain itu, burung satu ini juga dianggap mirip dengan burung layang-layang. Namun  sebelum saya membahas lebih jauh soal ciri-cirinya, alangkah lebih jika anda mengetahui secara garis besar mengenai burung walet.

 

Apa Itu Burung Walet?

Burung walet atau yang memiliki nama latin Collocalia vestita merupakan burung dengan sayap meruncing, berekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. Habitat burung walet adalah di pantai, daerah permukiman, ataupun gua.

Burung walet hanya bisa anda temukan di negara Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina Kamboja, dan Laos. Dan anda tidak mungkin bisa menemukan burung walet di Eropa.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, pasalnya walet hanya bisa berkembang biak di iklim tropis hujlan curah hujan yang tinggi. Kelembaban juga sangat berpengaruh akan hal ini.

 

Ciri-ciri Burung Walet

Setelah anda mengetahui gambaran mengenai burung walet, kini saatnya untuk mengetahui apa saja ciri-ciri dari hewan yang satu ini. Mari simak kontennya di bawah ini

 

1. Habitat Burung Walet

Burung walet memang banyak hidup di gua. Akan tetapi, sejatinya burung satu ini dapat tinggal dilingkungan mana saja asal habitatnya luas, redup cahaya, dan jauh dari matahari.

Burung walet sangat menyukai lingkungan dengan suhu 260 – 400°C. Serta lingkungan dengan kelembaban udara antara 80 hingga 90 persen.

Burung walet memiliki jelajah yang luas untuk mencari makanan. Dan faktanya, habitat burung walet kurang dari 1000 mdpl sehinga sangat menyukai daratan rendah.

 

2. Fisik Burung Walet

Secara fisik, burung walet mempunyai sayap yang panjang dan paruh yang runcing. Sementara itu untuk warnanya, burung yang satu ini memiliki warna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat.

Burung walet juga kakinya lemah dan tak mampu berdiri dengan baik untuk menopang tubuhnya sendiri. Maka tak heran, walet jarang ditemukan bertengger di kabel listrik.

 

3. Gaya Terbang Walet

Ciri-ciri burung walet selanjutnya bisa dilihat bagaimana hewan tersebut terbang ke angkasa. Pada dasarnya gaya terbang walet tak jauh berbeda dengan burung lainnya yang sejenis seperti Sriti.

Yakni dengan melayang-layang di udara dengan sesekali mengepakkan kedua sayapnya di udara.

 

4. Cara Berburu

Burung walet mencari makanan dengan cara terbang menyambar di udara. Mengapa harus demikian? Pasalnya burung yang satu ini memang tak dapat makan sembari mematuk burung / serangga lainnya.

Sehingga burung walet tidak mungkin memakan hewan lainnya jika hewan tersebut tidak terbang. Hal ini berlaku juga untuk burung lainnya yang sejenis Sriti.

 

5. Makanan Burung Walet

Burung walet sangat menyukai makanan seperti serangga kecil. Utamanya yang berada di kelapa sawit, tanaman tebu, semak-semak, persawahan, ladang, hutan, serta serangga yang berada di areal perkebunan.

 

6. Cara Membuang Kotoran

Ciri-ciri burung walet selanjutnya bisa anda lihat bagaimana hewan ini membuang kotorannya. Bahkan bisa dibilang cukup unik.

Burung walet ketika buang kotoran memundurkan pantatnya ke bibir sarang. Selain itu, walet juga suka buang air besar di dalam gedung selain di luar gedung tentunya.

Fakta berikutnya, burung walet enggan untuk membuang kotorannya sendiri di dalam sarang. Mereka benar-benar menjaga kebersihan rumah atau sarang mereka sendiri.

 

7. Jumlah Telur

Ilustrasi telur walet, sumber gambar : marisukses.com

Burung walet berkembangbiak dengan cara bertelur. Jumlah telurnya sebanyak 2 butir bewarna putih, sama seperti kerabatnya burung Sriti.

Induk burung walet mengerami telurnya selama kurang lebih 3 minggu. Sementara itu, masa pengasuhannya yakni selama 45 hari hingga anak walet tersebut bisa terbang sendiri.

 

8. Sarang Burung Walet

Ciri-ciri sarang burung walet bergantung jenis sarang walet tersebut. Sebagai contoh sarang putih walet, mempunyai ciri-ciri  berwarna putih kekuningan, tebal dan bulu menempel. Tentu berbeda untuk jenis walet lainnya.

Dalam membuang sarang, hewan bernama latin Collocalia ini menempel pada balok, papan sirip, dinding gedung, dan dinding bebatuan goa. Sarang tersebut digunakan untuk menyimpan telur dan mengembangbiakannya.

Namun pada umumnya, Ciri-ciri Sarang Burung Walet yang asli adalah memiliki warna yang terang, putih atau agak kecoklatan.

 

9. Air Liur

Ciri khas dari burung walet selanjutnya bisa diketahui dari air liurnya. Hal ini dapat diketahui ketika burung tersebut membuat sarang.

Produksi air liur burung walet sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan burung Sriti.

 

10. Dapat Dibudidayakan

Memang walet merupakan hewan liar yang bisa berada dimana-mana, namun bukan berarti hewan bersayap yang satu ini tidak dapat dibudidayakan. Walet bisa dibudidayakan, bahkan kini telah menjadi komoditas ternak unggulan di Indonesia.

Namun untuk membudidayakannya dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Maka tak heran, jika hanya orang-orang yang memiliki modal besar yang dapat melakukan budidaya walet. Bahkan bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

 

11. Sarang Walet dapat Diperjualbelikan

Sarang walet bisa dijual namun dengan aturan yang sangat ketat. Terutama soal perijinan ekspor. Selain itu, tentunya negara pengimpor sangat menginginkan sarang walet yang benar-benar berkualitas.

Soal harga juga sangat bervariasi tergantung bagaimana kualitasnya. Sarang walet berbentuk mangkok dan warnanya putih bersih, dapat dijual dengan harga termahal, bisa tembus Rp12.000.000 bahkan bisa lebih.

Sedangkan sarang walet dengan bentuk sudut atau patahan dijual dengan harga lebih relatif lebih terjangkau. Yakni kisaran 500 ribu hingga 800 ribu rupiah.

Harga tersebut merupakan harga ditingkat petani. Sementara itu, para pengekspor membanderol dengan harga 2-3 kali lipat lebih tinggi dari harga di tingkat petani tersebut.

 

12. Suara Burung Walet

Selanjutnya mengenai ciri-ciri burung walet dapat diketahui dari bagaimana hewan tersebut bersuara. Burung walet mempunyai suara keras nan cerewet sehingga cukup menggangu bagi orang-orang yang mendengarnya.

 

13. Taksonomi

Berbicara soal ciri-ciri hewan tidak lengkap rasanya jika tidak berbicara tentang taksonomi. Taksonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi atau pengelompokan makhluk hidup.

Burung walet masih berkerabat dengan burung-burung lainnya seperti burung Kolibri, burung layang-layang, dan burung Sriti. Karena hal itulah banyak orang yang sulit membedakan ketiga burung tersebut.

 

Burung walet memang sangat unik, jika kita melihat dari ciri-cirinya di atas. Bahkan memiliki nilai jual tinggi dan dapat dijadikan peluang bisnis burung walet yang menjanjikan. Tetapi tak hanya itu saja sejatinya karakteristik dari burung tersebut.

Burung walet ada beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai ciri khasnya masing-masing. Nah, mengenai jenis-jenis burung walet akan saya jelaskan pada artikel berikutnya.

Akhir kata, demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai ciri-ciri burung walet beserta penjelasan singkatnya. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat bagi anda. Silakan bagikan tulisan ini jika dirasa bermanfaat.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *