10 Fakta Burung Walet yang Mungkin Belum Anda Ketahui

2 min read

Ada banyak fakta burung walet yang mungkin saja belum anda ketahui sebelumnya. Mulai dari ciri-ciri, kebiasaan, bentuk tubuh, dan masih banyak lagi fakta-fakta uniknya akan dirangkum secara jelas pada konten berikut ini.

Burung walet adalah hewan terbang dengan sayap yang runcing, ekor yang panjang dengan warna dominan tubuh hitam. Burung ini mempunyai nama latin yaitu Apodidae dan banyak hidup di daerah gua maupun permukiman. Di Indonesia, burung ini sangat mudah dijumpai bahkan hingga dibudidayakan. Bahkan menjadi peluang bisnis besar yang begitu menjanjikan.

 

Fakta Burung Walet

Fakta burung walet

Burung walet memiliki beberapa fakta unik dan juga menarik yang mungkin Sebelumnya belum pernah anda Ketahui. Baik dari ciri tubuhnya, kebiasaan, maupun dari hal lainnya. Guna menambah wawasan ini mengenai burung yang satu ini, yuk disimak beberapa fakta tentang burung walet berikut ini :

 

1. Memiliki Sayap yang Kuat

Sayap walet

Memang burung walet tubuhnya tak terlalu besar seperti burung elang ataupun burung Garuda, namun sayapnya begitu kuat sehingga hewan yang satu ini mampu terbang dalam radius yang sangat jauh. Bentangan sayap walet ukurannya mencapai 18 cm dan memiliki bentuk yang runcing.

 

2. Akan Mati Bila Terlalu Lama Dikurung

Fakta burung walet selanjutnya adalah hewan tersebut akan mati jika terlalu lama dikurung. Untuk itu, sebagai seorang peternak tidak disarankan untuk tidak terlalu lama mengurung hewan tersebut di dalam kandang dan harus sering-sering dikeluarkan untuk menghirup udara segar. Idealnya, burung walet hanya bisa bertahan hidup 5 atau 6 hari setelah dikurung

 

3. Mempunyai Kaki yang Lemah

Kaki burung walet

Berbeda dengan sayapnya yang sangat kuat, justru kaki burung walet sangat lemah sehingga tidak bisa menopang tubuhnya sendiri. Dengan kondisi kaki yang seperti ini membuat burung walet tidak bisa bertengger di pohon atau kabel listrik dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, untuk menangkap serangga walet tidak menggunakan kakinya tetapi menyambar seperti serangga terbang yang sedang lewat.

 

4. Tidak Bisa Mematuk

Fakta tentang burung walet selanjutnya adalah hewan ini tidak bisa mematuk walaupun memiliki paruh. Jika ingin makan, burung yang satu ini biasanya langsung menyambar makanan seperti serangga yang sedang terbang.

 

5. Membuat Sarang Walet dengan Air Liur

Fakta burung walet selanjutnya adalah burung yang satu ini membuat sarang menggunakan air liurnya. Tanpa ada campuran bahan apapun, jadi 100% murni dari air liur walet. Biasanya burung walet membangun sarangnya di langit-langit gua atau langit-langit gedung tinggi untuk menghindari ancaman predator yang bisa merusak sarang tersebut.

 

6. Sarang Burung Walet Bermanfaat Untuk Kesehatan

Sumber gambar : hellosehat

Sarang walet bukan hanya sebagai tempat menyimpan telur saja, tetapi juga dapat diolah menjadi makanan ataupun minuman yang menyehatkan tubuh manusia. Sarang burung walet mengandung sejuta manfaat dan telah banyak dibuktikan berdasarkan hasil penelitian. Selengkapnya mengenai khasiat sarang burung walet bisa anda baca pada artikel berikut ini.

 

7. Harga Sarang Walet Mahal

Tahukah anda? Harga sarang burung walet itu sangat mahal sekali. Semakin bagus kualitasnya, tentu akan semakin mahal harganya. Karena mahalnya sarang walet, membuat orang berniat untuk membudidayakannya hingga menjualnya baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Selengkapnya tentang harga sarang walet bisa anda baca pada konten berikut ini.

 

8.  Pengimpor Sarang Walet Berasal dari China

Fakta burung walet selanjutnya masih berkaitan dengan sarangnya. Sarang burung walet banyak diminati oleh orang-orang China, sehingga banyak peternak walet yang mengekspornya ke negara China. Berdasarkan data Januari tahun 2017 dari Kementerian Pertanian, jumlah volume ekspornya mencapai 7,5 juta Dolar Amerika. Sangat fantastis bukan? (Baca juga : perbedaan sarang walet asli dan palsu).

 

9. Mayoritas Ada di Asia Tenggara

Burung walet adalah hewan yang dapat bertahan hidup di iklim tropis. Karena itulah negara Asia Tenggara adalah habitat yang paling cocok yang membuat walet dapat bertahan hingga saat ini. Selain karena iklim, curah hujan yang tinggi di Asia Tenggara juga menjadi alasan mengapa burung walet bisa tinggal. (Baca selengkapnya : habitat burung walet)

 

10. Hukum Mengkonsumsi Sarang Walet

Mengkonsumsi olahan sarang walet hukumnya halal dan diperbolehkan. Hal ini didasarkan pada kesepakatan dari Majelis Ulama Indonesia. Jadi, jangan pernah ragu mengkonsumsinya.

 

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung walet. Jika ada fakta-fakta lain yang anda ketahui, mari sampaikan di kolom komentar!

2+ Manfaat Sarang Walet Imitasi

Zelebour kali ini akan mengulas tentang manfaat sarang walet imitasi yang sangat berguna bagi seorang peternak. Dengan sarang walet yang satu ini, anda bisa...
info walet
1 min read

Ciri Ciri Burung Walet Gunung yang Harus Anda Ketahui

Mengetahui ciri – ciri burung walet gunung akan sangat membantu anda, para pengusaha sarang walet, dalam menentukan jenis burung mana yang ingin anda ternakan....
info walet
3 min read

Perbedaan Sarang Walet Asli dan Sarang Walet Imitasi

Sebagai seorang peternak burung walet, anda perlu tahu apa saja perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi. Sebab penggunaan sarang walet imitasi atau...
info walet
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *