Habitat Burung Walet yang Tepat untuk Dibudidayakan

2 min read

Dalam melakukan budidaya, habitat burung walet menjadi hal yang perlu anda ketahui. Pasalnya dengan lokasi yang tepat membuat burung satu ini bisa nyaman tinggal lama-lama di sana. Tak hanya itu, pemilihan habitat yang tepat membuat burung walet lebih mudah mendapatkan makanan yang memang benar-benar disukainya.

Burung walet bukan hanya terkenal karena suaranya yang khas, tetapi juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan di Indonesia, sarang burung walet ada yang mematoknya seharga lebih dari 13 juta rupiah. Tak hanya itu saja, ada banyak sekali manfaat apabila anda memelihara hewan yang satu ini, salah satunya adalah menjadi pengendali hama serangga.

Habitat Burung Walet

Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor sarang walet terbesar di dunia. Berdasarkan data tahun 1980-2000 Indonesia mengekspor rata-rata per tahun 115 ton (Soehartono dan Mardiastuti 2003). Sarang tersebut diekspor ke berbagai negara dari Singapura hingga China.

Wajar saja bila sarang burung yang satu ini banyak yang mencarinya. Pasalnya ada beragam manfaat yang bisa dirasakan bagi seseorang yang mengkonsumsi olahan dari bahan sarang burung walet. Diantaranya yaitu dapat menyembuhkan penyakit paru-paru dan memperlancar peredaran darah.

 

Mengenal Dua Habitat Burung Walet Secara Umum

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal UNPAD, ada 2 jenis habitat walet yaitu habitat makro dan habitat mikro. Habitat makro merupakan tempat mencari Makanannya berupa serangga. Contohnya bisa di tegalan, hutan, sawah, kelapa sawit, atau perkebunan.

Habitat makro tidak dapat di kontrol oleh manusia, karena keberadaannya di alam bebas. Dan harus menyesuaikan dengan kondisi alam yang ada. Hal ini tentu saja berbeda dengan habitat mikro.

Pada habitat mikro, burung walet melakukan perkembangbiakan, membuat sarang, dan juga beristirahat. Untuk habitat ini masih bisa di kontrol oleh manusia, berbeda dengan habitat makro. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan anda bisa memilih tempat yang cocok untuk membudidayakan burung walet.

 

Habitat Burung Walet yang Cocok Untuk Dibudidayakan

Apakah anda sedang berencana membudidayakan burung walet? Jika iya, informasi mengenai hal ini sangat penting untuk anda ketahui. Anda benar-benar harus tau kondisi lingkungan yang tepat karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan burung itu sendiri.

Menurut Budiman 2002 kondisi tersebut meliputi iklim tropis, daerah basah dengan musim hujan enam bulan dalam setahun, memiliki aliran sungai dan memiliki dataran rendah hingga ketinggian 1000 mdpl, dan memiliki kawasan hutan yang luas dan subur.

Selain ada beberapa indikator tempat tinggal atau habitat yang membuat burung walet bisa tumbuh dengan baik dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya :

 

1. Suhu 26°C – 29°C

Suhu menjadi salah satu indikator penentu habitat burung walet. Dengan suhu antara 26°C hingga 29° C membuat burung yang satu ini bisa bertahan ini. Suhu tersebut sudah sesuai dengan suhu rata-rata negara kita. Maka tak heran jika burung walet dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

 

2. Intensitas Cahaya

Idealnya, intensitas yang baik untuk burung walet adalah 10,764 lux. Dimana salah satu lokasi tersebut berada di dalam gua.

 

3. Kelembapan Udara

Faktor yang menentukan selanjutnya adalah kelembapan udara. Burung walet mampu bertahan hidup di sebuah tempat yang memiliki kelembapan udara sekitar 80%-90%.

 

4. Aliran Sungai

Setiap makhluk hidup, termasuk hewan jenis burung tentu saja membutuhkan air selama hidupnya. Jika anda memelihara walet, pastikan lokasinya berada di dekat aliran sungai (kurang lebih 500 meter) agar burung walet bisa bertahan dan tidak berpindah ke habitat lain.

 

5. Ketinggian

Fakta menunjukkan bahwa burung walet tinggal di sebuah tempat dengan ketinggian kurang dari 1000 MDPL. Atau dalam arti lain, burung ini sangat menyukai dataran rendah sebagai tempat tinggal.

 

6. Jarak dari Jalan

Burung walet merupakan salah satu hewan yang sangat sensitif terhadap polusi udara dan suara. Hal ini membuat burung walet mencari habitat yang jauh dari dua kondisi tersebut (Mulia 2009). Jarak dari jalan dengan habitat burung walet yang ideal adalah >100 m.

 

Jika anda berhasil membudidayakan burung walet di tempat yang tepat sesuai beberapa kriteria di atas, maka bukan tidak mungkin bakal menghasilkan sarang dengan kualitas terbaik. Sarang tersebut pada akhirnya juga dapat anda jual sehingga bisa mendapatkan banyak penghasilan. Terlebih lagi, harga sarang walet dapat dikatakan punya nilai jual yang sangat tinggi.

Tak hanya menguntungkan dari segi bisnis saja, pemilihan habitat burung walet yang tepat bisa membuat hewan tersebut bisa betah berlama-lama tinggal di sana. Apabila anda ingin memelihara burung walet di dekat rumah, pastikan lokasinya telah memenuhi beberapa kriteria di atas.

 

Wilayah Indonesia Sangat Cocok untuk Membudidayakan Walet

Indonesia adalah negara tropis. Dengan suhu rata-rata 25°C – 31o C membuat indonesia menjadi negara yang cocok sebagai tempat budidaya burung walet. Selain itu, hewan yang satu ini juga bisa menghasilkan sarang yang berkualitas bila memang lingkungan tempat tinggalnya sangat mendukung pertumbuhan hewan tersebut.

Maka tak heran jika banyak orang-orang Indonesia yang menjadi peternak walet yang sukses, bahkan banyak yang mengekspornya ke berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, beberapa peternak walet juga memiliki perusahaan tersendiri menjadi bukti shahih majunya dunia perwaletan di tanah air.

So, bagi anda yang berencana memulai budidaya dan bisnis burung walet, terlebih dahulu ketahui kriteria-kriteria tempat tinggal yang menjadi favorit burung walet seperti apa yang sudah dijelaskan di atas. Sekian informasi ini saya Sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

2 Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Ada beberapa cara mengonsumsi sarang walet yang bisa anda lakukan. Begitupun juga dengan pengolahannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, sarang burung merupakan olahan...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *