Cek Harga Burung Walet Sebelum Mulai Budidaya

3 min read

Walet merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer di seluruh dunia. Jenis burung ini menjadi salah satu komoditi dengan nilai jual yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan burung walet mampu menghasilkan sarang dengan harga jual yang tinggi. Bagi Anda yang ingin meraup untung dari burung walet, Anda bisa mulai budidaya burung walet untuk diambil sarangnya. Sebelumnya, Anda bisa mengecek harga burung walet sebelum mulai budidaya burung walet.

Harga Burung Walet

Jenis-jenis Burung Walet

Burung walet atau yang bernama ilmiah Collocalia vestita merupakan jenis burung yang hidup berkelompok yang mampu membuat sarang dari air liurnya. Tetapi ternyata tidak semua burung walet mampu menghasilkan sarang yang dapat dijual dengan harga tinggi. Di Indonesia sendiri terdapat 4 jenis burung walet yang hidup dan memiliki ciri khas yang unik. Sebelum membahas harga burung walet , mari mengenal jenisnya lebih rinci.

1. Burung Walet Besar

Burung walet besar memiliki warna bulu hitam di bagian tubuhnya dan warna coklat gelap pada bagian bawahnya. Jenis walet ini merupakan walet terbesar yang mampu terbang lebih tinggi dan lebih cepat.

Burung walet besar biasanya menempati lubang sebagai sarangnya. Ukuran sarang walet ini cukup besar dan berbentuk mangkok. Biasanya sarang burung walet besar terbuat dari campuran akar tumbuhan, lumut, dan serat tumbuhan. Meskipun terbilang memiliki sarang yang besar, sarang burung walet besar termasuk sarang burung walet yang kotor.

2. Burung Walet Putih

Dinamakan walet putih karena jenis walet ini memiliki sarang yang berwarna putih. Sebenarnya warna bulu walet putih dominan warna coklat kehitam-hitaman dengan warna ekor yang seddikit lebih cerah.

Harga burung walet putih

Sarang warna putih dari jenis walet ini terbuat dari air liur walet yang memiliki nilai tinggi. Sehingga beberapa orang banyak yang membudidayakan karena harga burung walet yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga jual sarang burung walet.

3.Burung Walet Hitam

Jenis walet ini memiliki warna bulu coklat kehitaman dengan ekor berwarna coklat kelabu. Walet ini biasanya bersarang di gua-gua kapur dan hanya bertelur sebanyak 1 butir telur dalam 1 sarangnya.

4. Burung Walet Gunung

Burung walet gunung memiliki bulu berwarna hitam dengan ekor berwarna abu-abu kehitaman. Biasanya jenis walet ini hidup berkelompok di celah-celah batu di daerah tebing ataupun puncak gunung.

Manfaat Budidaya Burung Walet

Beternak burung walet merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Selain walet mampu menghasilkan sarang yang memiliki nilai jual tinggi, harga walet yang ditawarkan juga jauh lebih murah dibandingkan dengan harga sarang walet.

Dengan membudidayakan burung walet untuk diambil sarangnya dapat membantu perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Hal ini karena harga sarang burung walet yang mencapai 2 juta rupiah untuk tiap ons. Harga sarang burung walet yang cukup tinggi dikarenakan perawatan burung walet juga butuh dana besar dengan memanipulasi habitat burung walet di rumah ataupun mengambil sarang walet di tempat yang memiliki risiko kecelakaan tinggi.

Harga sarang burung walet yang terbilang cukup tinggi inilah yang banyak menarik perhatian masyarakat untuk mencoba membudidayakan burung walet untuk diambil sarangnya. Meskipun membutuhkan modal yang besar, budidaya burung walet mampu memberikan keuntungan yang berlipat bagi para pembudidayanya. Hal ini sepadan dengan hasil yang akan diperoleh, karena dalam memanen sarang walet tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Permintaan akan sarang burung walet yang cukup tinggi juga menjadi salah satu pemicu budidaya burung walet populer untuk dijadikan sebuah bisnis menguntungkan. Dengan budidaya burung walet sendiri di rumah akan menghindarkan risiko berbahaya dibanding jika harus memanen sarang burung walet di alam bebas.

Jenis Sarang Burung Walet yang Ada di Indonesia

Manfaat yang bisa diambil dari budidaya burung walet adalah terletak pada harga sarangnya yang bernilai ekonomi tinggi. Dalam menentukan harga sarang burung walet tidak hanya ditentukan dari warnanya yang putih atau harga burung walet yang mahal. Biasanya jenis sarang burung walet ini ditentukan dengan kondisi lingkungan burung walet, seperti kebersihan udara, kebersihan sarang, tingkat populasi dan daerah asal burung walet. Meskipun begitu, ternyata banyak sarang burung walet yang sudah dimodifikasi agar terlihat bagus.

Jika dilihat dari kualitas sarang burung walet yang baik, harga sarang burung walet tertinggi biasanya dilihat dari keaslian sarang burung walet. Dengan tidak melakukan perlakuan, seperti proses pemutihan sarang akan meningkatkan harga sarang burung walet di pasaran. Berikut ini jenis sarang burung walet yang biasa ditemukan di Indonesia, tentunya harga burung walet yang beda-beda jenis ini juga berbeda.

1. Sarang Walet Original

Jenis sarang seperti ini biasanya memiliki warna putih dengan bentuk seperti mangkok. Semakin sedikit perlakuan terhadap sarang, maka harga jual sarang burung walet akan semakin tinggi. Proses perlakuan yang mengubah bentuk asli dan warna sarang akan berpengaruh pada kualitas sarang, terlebih biasanya sarang burung walet dimanfaatkan untuk dikonsumsi.

Untuk meminimalisir perlakuan dan harga sarang burung walet tetap tinggi, maka Anda hanya perlu mencabut bulu ringan dan menghilangkan kuman dengan cara penguapan. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kotoran walet yang ada pada sarang agar sarang siap untuk dikonsumsi.

2. Sarang Walet Merah

Jenis sarang ini memiliki warna merah karena air liur telah bercampur dengan darah. Kondisi sarang burung walet yang berwarna merah ini cenderung banyak mendapat perlakuan. Padahal jenis sarang walet merah memiliki harga jual yang sangat mahal.

3. Sarang Walet Sudut

Jenis sarang seperti ini memiliki bentuk segitiga meruncing yang biasanya terdapat di sudut lokasi habitat walet. Jenis sarang walet sudut memiliki tekstur yang lebih keras saat dikonsumsi dibandingkan dengan sarang burung dengan bentuk mangkok.

4. Sarang Walet Strip

Jenis sarang ini memiliki harga yang lebih murah karena bentuknya yang tidak beraturan dan tanpa seperti sudah sobek, tetapi bentuknya masih terlihat seperti mangkok. Meskipun memiliki harga yang lebih murah, kandungan gizi dari jenis sarang seperti ini tetap sama dengan jenis sarang burung walet yang lain.

5. Sarang Walet Patahan

Jenis sarang ini termasuk sarang yang rusak karena bentuknya sudah tidak sempurna. Biasanya kerusakan sarang terjadi saat proses panen, kerusakan saat pengiriman, sarang terjatuh, ataupun dibuat dari sisa sarang walet yang lain. Jenis sarang burung walet ini memiliki harga yang paling murah dengan kualitas yang tidak sebagus sarang burung dengan bentuk mangkok.

Harga Burung Walet Terbaru

Meskipun sarang burung walet memiliki harga yang hampir menyentuh angka 20 juta rupiah dalam setiap kilogramnya, ternyata harga walet cukup terjangkau dan tidak semahal harga sarangnya. Karena harga walet yang tidak semahal harga sarangnya inilah yang menarik para pebisnis untuk mencoba membudidayakan burung walet sendiri di rumah. Dengan modal yang cukup untuk memulai budidaya burung walet akan membantu perekonomian Anda karena proses panen sarang hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan saja.

Menarik bukan budidaya burung walet? Bagi Anda yang ingin budidaya burung walet, Anda tidak perlu khawatir karena harga burung walet tidak semahal harga sarang burungnya.

Sifat Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin anda masih belum memahami sifat burung walet. Sifat ini perlu untuk anda ketahui agar bisa mengetahui lebih jauh bagaimana seharusnya memperlakukan burung tersebut....
info walet
1 min read

4 Cara Membasmi Hama Walet dengan Mudah

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membasmi hama walet yang membuat burung tersebut menjadi sakit bahkan sampai meninggal. Adapun Beberapa contoh dari hama walet  diantaranya...
info walet
1 min read

5 Penyakit Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja penyakit Burung walet itu dan apa yang menjadi penyebabnya? Sama seperti manusia, burung walet pun juga bisa sakit sehingga mengganggu segala aktivitas...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *