Harga Sarang Burung Walet Terbaru 2019

3 min read

Harga sarang burung walet

Artikel kali ini membahas mengenai harga sarang burung walet terbaru 2019. Sebagaimana yang telah anda ketahui sebelumnya, sarang walet merupakan tempat bagi burung walet mengerami telurnya. Apapun jenisnya, sudah pasti  burung walet memiliki kemampuan membuat sarang melalui air liurnya.

Sarang burung walet bisa jadi ladang bisnis yang menjanjikan, itulah mengapa sebabnya cukup banyak yang menjualnya sarang burung ini dipasaran. Harganya pun bervariatif, tergantung jenis sarang yang dijual itu sendiri.

Sarang walet juga kerap digunakan untuk obat ataupun bahan makanan. Ada banyak manfaat dari sarang burung yang satu ini sehingga membuat banyak orang mencarinya. Tak hanya itu saja, Sarang walet merupakan komoditi yang sering diekspor ke negara-negara maju terutama Cina.

Bentuknya memang biasa, namun karena terbuat dari air liur, sarang walet bisa mengeras dan bentuknya seperti mangkuk. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari sarang burung walet. Jika sampai di pasar global, harga jualnya bisa mencapai puluhan juta rupiah per kilonya lho.

 

Bagaimana Walet Membangun Sarangnya?

Burung walet murni menggunakan air liurnya tanpa adanya campuran sama sekali bahan dari luar tubuhnya. Jika dialam, hewan ini membuat sarang di gua, atau plafon gedung dengan tujuan menghindari predator. Adapun tujuan dibuatnya sarang adalah untuk meletakkan telur burung tersebut untuk dingarami.

Jika di alam seperti itu, maka berbeda halnya jika burung walet dipelihara atau dibudidayakan. Biasanya peternak akan menyediakan tempat atau kandang khusus yang digunakan sebagai tempat tinggal walet dan juga membuat sarang di sana.

Mengenai proses pembuatan sarang tak ada bedanya ketika walet membuat sarang di gua. Namun, peternak harus benar-benar memperhatikan kandang yang dibuatnya jangan sampai membuat walet merasa tidak nyaman sehingga berpotensi untuk kabur.

 

Baca juga : Jenis-jenis burung walet.

 

Daftar Harga Sarang Burung Walet Terbaru

Bagaimana untuk harganya? Relatif tergantung jenisnya. Berikut ini saya berikan daftar harga sarang walet terbaru untuk tahun 2019.

 

1. Sarang Burung Walet Grade Super 100 gram

Sarang burung walet satu ini punya bentuk sempurna seperti mangkuk. Untuk bisa mendapatkannya, anda harus menyisihkan uang sekitar 3,1 juta rupiah.

 

2. Sarang Burung Walet Hancuran 100 gram

Disebut sarang burung walet hancuran karena memang sarang walet ini dihancurkan terlebih dahulu sebelum dijual. Soal kualitas sama-sama bagus karena sama-sama berasal dari hewan yang sama, hanya perbedaan bentuk saja. Adapun harga dari sarang walet ini berkisar 1,2 juta rupiah.

 

3. Sarang Burung Walet Super Bersih Premium 1 kg

Sementara itu, untuk sarang walet ini benar-benar telah dibersihkan sehingga tak ada kotoran yang tersisa. Berkelas premium, sarang burung walet yang satu ini dibanderol sekitar 23,5 juta rupiah.

 

4. Sarang Burung Walet 17 gram, 50 gram dan 100 gram

Ketika sarang walet tersebut pada dasarnya sama saja. Hanya saja jumlah komposisinya saja yang berbeda. Tentu semakin banyak akan semakin mahal harganya. Sarang burung walet 17g biasanya dijual seharga 350 ribuan, yang 50g seharga 1,1 juta, dan 100g seharga 1,8 juta rupiah.

 

5. Sarang Burung Walet Instan

Produk sarang burung yang satu ini telah terkemas baik di dalam kemasan. Harganya sekitar 600 ribuan. Sangat praktis dan bisa digunakan untuk apa saja.

 

6. Pembersih Sarang Burung Walet Superwhite

Pembersih Sarang Burung Walet Superwhite adalah bubuk yang biasa digunakan untuk membersihkan sarang walet. Produk ini umumnya dijual seharga 450 Ribu.

 

7. Parfum + Pakan Walet Penambah Kualitas dan Produksi Sarang Walet 2 Kg

Tak hanya manusia saja, hewan pun juga ingin wangi supaya bisa menarik perhatian lawan jenisnya. Untuk burung walet, memang ada parfum khusus yang bisa anda gunakan.

Tak hanya itu saja, sekalipun burung satu ini dapat makan serangga apa saja di alam, namun untuk efektivitas banyak pabrikan yang membuat pakan untuk burung walet agar kualitasnya semakin baik. Maksudnya, supaya walet bisa tumbuh dengan cepat. Harga parfum + pakannya biasanya dijual kisaran harga 650 ribu rupiah.

 

Alasan Mengapa Harga Sarang Burung Walet Sangat Mahal

Jika melihat harga di atas, memang membuat kita harus merogoh kocek lebih dalam. Nah tahukah anda apa yang membuat sarang walet begitu mahal harganya? Ternyata berikut ini adalah alasannya :

 

1. Menjadi Sajian di Restoran Elite

Pada zaman dahulu, sarang burung ini dijadikan sebagai bahan olahan sup untuk disajikan ke raja China. Ketika itu hanya raja dan keturunan bangsawan saja yang bisa menikmati makanan yang satu ini.

Karena kelezatannya, restoran bintang 5 kini sudah banyak yang menjual olahan sarang burung walet. Harganya fantastis, yakni mencapai Rp 228 ribu hingga Rp 480 ribu.

 

2. Bergizi Tinggi

Seperti apa yang sudah saya jelaskan pada artikel manfaat sarang burung walet sebelumnya, bahwa sarang hewan yang satu ini mengandung nilai gizi yang tinggi. Kaya protein, kalsium, antioksidan dan kolagen yang tinggi.

 

3. Bagus Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Alasan lainnya mengapa sarang burung walet dibanderol dengan harga sangat mahal karena beragam manfaat dapat dirasakan oleh manusia, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan.

Sarang burung walet mampu mengembalikan stamina tubuh wanita, terutama selepas melahirkan. Tak hanya itu saja, sarang walet juga bermanfaat bagi ibu hamil, membuat bayinya terlihat bersih kulitnya.

Selain itu, paru-paru kita juga bisa bersih. Hal ini tak terlepas dari kandungan glyco protein yang juga bermanfaat untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

 

4. Hasil Panen Sedikit

Tahukah anda? Waktu panen sarang burung walet paling cepat selama satu bulan dan paling lama tiga bulan sekali. Hasilnya pun tidak terlalu banyak. Rata-rata hanya 10 – 30 kg saja. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan permintaan yang datang.

Warna, bentuk dan kualitas sarang walet itu sendiri juga sangat berpengaruh terhadap harga. Pembeli lebih suka yang bewarna putih serta bentuk mangkuk harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang bentuk segitiga.

 

4. Membutuhkan Modal Besar

Untuk bisa berbisnis sarang walet ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu potensi kerugian juga akan selalu ada. Maka dari itu, karena alasan inilah membuat para peternak walet menjual sarang walet dengan harga yang sangat tinggi.

Melihat modalnya yang besar, gak sedikit yang malas untuk berbisnis sarang burung walet. Makanya, gara-gara sedikitnya orang yang menjalankan bisnis ini, harga sarang burung walet menjadi mahal.

 

Apakah menurut anda harga tersebut mahal? Mahal dan murahnya suatu harga memang relatif. Namun yang terpenting bukanlah berapa harga sarang burung walet tersebut, tetapi bagaimana anda mendapatkan sarang walet yang benar-benar berkualitas apabila membelinya.

Perlu untuk anda waspadai juga, banyak oknum-oknum nakal yang sengaja membuat pembeli rugi dari sarang walet yang telah dijual. So, anda juga harus berhati-hati dan pastikan kualitas sarang walet benar-benar terbaik sesuai yang diharapkan.

 

Baca juga : ciri-ciri burung walet putih.

 

Akhir kata, demikian pembahasan lengkap mengenai daftar harga sarang burung walet terbaru tahun 2019, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *