5 Jenis Burung Walet + Ciri Khasnya (Lengkap)

3 min read

Seperti apa yang sudah saya sampaikan sebelumnya, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang jenis burung walet dan juga ciri khas masing-masing burung tersebut.

Jenis burung walet

Setiap macam burung walet dibedakan berdasarkan ukuran tubuh, warna bulu, suara, perilaku dalam membuat sarang dan bahan dasar digunakan dalam membuat sarang. Diperkirakan lebih dari 3 jenis burung walet yang ada di dunia ini. Apa Saja Itu?

 

Jenis Burung Walet + Ciri Khasnya

Burung walet merupakan burung yang memiliki sayap yang runcing, ekor yang panjang, serta tubuhnya berwarna hitam. Itu merupakan ciri-ciri umum dari seekor walet.

Tentu di alam ini ada banyak jenis-jenis burung walet dimana masing-masing mempunyai karakteristiknya masing-masing. Mari, simak penjelasannya berikut ini :

 

1. Burung Walet Putih

Meskipun bernama walet putih, namun bukan berarti tubuh hewan ini didominasi warna putih. Dinamakan burung walet putih karena sarangnya yang berwarna putih.

Sementara itu, bulunya berwarna cokelat kehitam-hitaman untuk bagian atas dan coklat untuk bagian bawah. Pada bagian ekornya, ada bulu ekor yang sedikit bercelah.

Ciri khas lainnya adalah suaranya yang sangat nyaring. Ukuran tubuhnya sekitar 12 cm dengan mata berwarna cokelat gelap dengan paruh hitam dan kaki yang bewarna hitam.

Jika dibandingkan dengan jenis burung walet lainnya, walet satu ini memiliki sayap yang jauh lebih kokoh dan cara terbangnya lebih kuat. Burung walet ini juga gemar mencari makan di dekat pohon-pohon tinggi yang terdapat serangga kecil.

Burung walet putih juga kerap kali terbang ke dalam air untuk membersihkan tubuhnya. Dan juga air tersebut diminum dan selanjutnya terbang lagi ke angkasa. Sementara itu, telurnya berwarna putih dan memanjang.

Sarang burung walet ini semua berasal dari air liur sehingga jika dijual harganya pasti mahal sekali. Sarang burung walet putih juga banyak yang mencarinya terutama dari kalangan pecinta walet.

Burung walet putih atau yang juga disebut burung walet sarang putih ini merupakan salah satu burung yg memiliki kemampuan ekolokasi, seperti halnya kelelawar. Di Indonesia, walet putih banyak ditemukan di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara.

 

2. Burung Walet Sarang Hitam

Sumber gambar : Wikipedia

Jenis burung walet selanjutnya adalah burung walet sarang hitam. Cirinya yakni mempunyai warna bulu coklat atau sedikit kehitaman dan bulu ekor yang berwarna coklat kelapa. Sementara itu di kakinya ada bulu merata dan bulu ekornya sedikit bercelah.

Burung walet yang satu ini memakan serangga-serangga kecil yang disambarnya ketika terbang. Selain itu, burung walet sarang hitam juga gemar bersarang di gua-gua kapur.

Bila dibandingkan dengan burung walet lainnya, burung walet sarang hitam termasuk berukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 13 cm serta matanya yang berwarna coklat tua dan juga paruh dan kakinya yang berwarna hitam.

Jika unggas ini sudah bertelur biasanya hanya sebiji saja dalam satu sarang. Warna telurnya putih yang berbentuk memanjang dengan musim kawan yang sama dengan burung walet putih.

Burung walet sarang hitam menyebar di Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Indonesia. Habitatnya yakni di hutan-hutan hujan dan hutan pegunungan tropika. Sarang walet hitam termasuk berharga paling mahal sama seperti burung walet putih.

 

3. Burung Walet Gunung

Jenis yang ketiga adalah burung walet gunung. Sesuai dengan namanya, walet jenis ini terbang berkelompok dengan cepat dekat pada puncak gunung atau tebing.

Memakan serangga kecil dengan cara menyambarnya sewaktu burung tersebut terbang. Sementara itu, sarangnya ada di celah-celah batu atau di bekas kawah gunung.

Burung walet gunung hitam mempunyai ekor berwarna abu-abu kehitaman. Bagian kakinya sedikit berbulu dan ada juga yang tidak mempunyai bulu sama sekali. Sementara itu bulu ekornya bercelah dalam.

Ciri berikutnya adalah suaranya khasnya yang begitu nyaring. Ukurannya besar bila diperbandingkan dengan jenis burung walet lainnya yakni memiliki panjang kurang lebih 14 sentimeter.

 

4. Burung Walet Besar

Jenis keempat adalah burung walet besar. Dimana warna tubuhnya hitam dengan warna bulu bagian bawah yaitu coklat gelap.

Panjang tubuhnya kurang lebih 16 centimeter tentu jauh lebih besar daripada burung walet jenis yang lainnya. Karena mempunyai tubuh yang besar itulah membuat burung walet satu ini memiliki kemampuan terbang lebih tinggi dan lebih cepat.

Ketika burung tersebut terbang, serangga-serangga kecil akan disamar untuk mereka makan. Hewan ini lebih suka bersarang di lubang dan pada umumnya sarangnya memang tidak bisa dimakan.

Sarang burung walet hitam berbentuk seperti mangkok yang terbuat dari campuran akar – akar tumbuhan, lumut dan jenis beragam serat. Sarangnya begitu kotor dan berserat, jauh berbeda dengan sarang burung walet yang lainnya.

Sementara itu, bagian bulu ekornya sedikit bercelah. Suaranya keras serta nyaring sehingga cukup terdengar jelas suaranya ketika terbang di angkasa.

 

5. Walet Sapi

Walet sapi (Collocalia esculenta) merupakan sejenis burung anggota dari suku Apodidae. Walet sapi dapat anda temukan di beberapa negara seperti Indonesia, Filipina, Thailand, Vanuatu, India, Malaysia, Papua Nugini, Singapura, dan Kepulauan Solomon.

Di Indonesia, walet sapi dapat anda ditemukan di Jawa dan Bali. Habitatnya di tempat-tempat tinggi, baik di padang rumput berpohon terbuka ataupun hutan.

Bulu burung walet sapi berwana hitam kebiru-biruan. Sementara itu, bulu bagian bawah berwarna kelabu gelap dan bagian perut berwarna agak putih dengan ekor sedikit bercelah.

Jika dibandingkan dengan keempat jenis sebelumnya, ukurannya memang yang paling kecil dengan panjang tubuhnya hanya sekitar 10 cm. Matanya berwarna cokelat gelap, berparuh hitam serta suaranya melengking tinggi.

Burung satu ini hidup berkelompok ketika terbang namun tidak beraturan. Ketika terbang, walet sapi hanya berputar-putar di dekat permukaan tanah atau sungai untuk mandi dan minum. Saat mencari makan, biasanya burung satu ini mengitari pohon-pohon besar dan tinggi yang terdapat banyak serangga, terutama tawon kecil.

Bentuk sarangnya tidak beraturan, terdiri atas campuran lumut dan rumput yang direkatkan dengan air liurnya. Sarang walet sapi dapat bersarang di celah batu, celah gua yang terang, atau sudut bangunan.

Burung walet sapi menghasilkan telur sebanyak 2 butir. Dengan ciri warna putih dan agak lonjong. Saat musim kawin, burung ini pasti bersarang di tempatnya.

 

Itulah kelima jenis burung walet dan juga ciri khasnya. Sebagai manusia kita sudah sepatutnya bersyukur dengan keanekaragaman fauna yang ada di bumi. Ini baru satu burung sudah cukup banyak jenisnya. Bagaimana dengan burung-burung lainnya? Pasti akan lebih banyak dan beraneka ragam.

Tugas kita tentu melestarikan agar burung-burung ini terus ada di alam. Dan pada akhirnya juga anak cucu kita bisa tetap menikmati indahnya alam sembari melihat burung-burung cantik yang berterbangan.

Akhir kata, demikian informasi mengenai jenis burung walet yang ada di dunia ini, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *