5 Jenis Sarang Walet Terpopuler di Indonesia

3 min read

Pembahasan kali ini adalah mengenai jenis sarang walet yang banyak di incar oleh petani walet di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, sarang walet merupakan sarang yang dibuat dari air liur burung walet tanpa adanya campuran bahan lainnya. Biasanya hewan satu ini membangun sarang mereka di tempat-tempat seperti gua atau plafon guna menyimpan telur.

Jenis sarang walet

Sarang walet dapat diolah menjadi berbagai olahan produk yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, sarang walet juga dapat diperjualbelikan sehingga bisa menghasilkan banyak keuntungan. Sarang walet juga dapat diekspor kemana-mana, salah satunya adalah China.

 

Jenis Sarang Walet yang Paling Banyak Dicari di Indonesia

Sarang walet ada berbagai macam jenisnya. Salah satunya adalah sarang walet original. Tak hanya itu saja, masih banyak jenis-jenis sarang burung lainnya yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apa saja itu? Berikut ini adalah daftarnya :

 

1. Sarang Walet Original

Jenis sarang burung walet satu ini merupakan salah satu yang sering ditemukan di pasaran. Benar-benar asli karena tidak mendapatkan campuran apa-apa dan sama sekali tidak mendapatkan perlakuan dari manusia.

Karena original, membuat sarang walet yang satu ini mempunyai harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Selain itu harga sarang walet original juga dilihat dari ukurannya yakni sebagai berikut :

Sarang Walet jika semakin besar maka harganya semakin mahal. Ukuran tersebut dinyatakan dengan jari (satu jari, dua jari, dan tiga jari). Diantara banyaknya sarang walet original, salah satu yang terbaik adalah sarang walet mangkok.

Sarang walet ini sama sekali tidak di olah, tetapi memang langsung diambil dari alam. Sebelum dijual, sarang tersebut akan melalui satu proses yang disebut dengan dry processing (proses pengeringan).

Caranya yaitu dengan mencabut bulu ringan pada sarang walet. Namun anda perlu berhati-hati ketika mencabutnya. Jangan sampai justru merusak struktur tulang dari sarang walet itu sendiri.

Setelah bulu dicabut, berikutnya sarang akan di steam guna menyingkirkan kuman dan bakteri. Selain itu kotorannya juga dibersihkan pembeli tak perlu membersihkannya lagi setelah membeli sarang walet tersebut.

 

2. Sarang Walet Sudut

Jenis sarang walet paling populer berikutnya adalah sarang walet sudut atau yang disebut juga dengan sarang walet segitiga. Sarang walet satu ini mempunyai sudut karena terbentuk di sudut rumah walet.

Sarang walet sudut memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan sarang walet mangkuk. Selain itu harganya juga jauh lebih murah karena ukurannya yang kecil tersebut.

 

Baca juga : ciri-ciri burung walet Putih

 

3. Sarang Walet Strip

Bagaimana dengan sarang walet strip? Jenis sarang burung walet yang satu ini merupakan sarang berbentuk lapisan-lapisan panjang. Bentuknya juga tidak beraturan, bukan berbentuk seperti mangkuk dan juga bukan berbentuk sudut.

Sarang walet ini pada dasarnya terbuat dari mangkok tanpa melalui proses pembentukan selepas dibersihkan. Dari sisi harga, sarang walet strip memiliki harga yang paling murah jika dibandingkan jenis yang lainnya.

 

4. Sarang Walet Merah

Jenis sarang walet berikutnya adalah sarang walet merah atau yang juga disebut rednest. Sarang burung walet yang satu ini sesuai dengan namanya memiliki warna merah dan pada dasarnya merupakan darah yang dikeluarkan oleh walet ketika proses menetasnya telur.

Darah yang keluar menetes dan bersatu dengan serat sarang membuat sarang yang tadinya berwarna putih berubah menjadi merah. Apakah sarang walet ini berharga murah? Atau justru mahal?

Jawabannya harga sarang walet jenis ini sangatlah mahal. Apa yang membuatnya mahal? Bukan dari warnanya, tetapi sarang walet merah memang langka atau tidak mudah untuk ditemui di pasaran.

Namun ada perlu berhati-hati ketika membeli sarang walet merah. Pasalnya banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menipu para pembeli. Penipu menambahkan pewarna buatan ke sarang walet, bahkan ada yang sampai menambah kotoran walet ke dalamnya.

 

5. Sarang Walet Patahan

Jenis berikutnya adalah sarang walet patahan. Bentuknya tidak beraturan dan merupakan kumpulan pecahan sarang walet ketika panen. Sarang walet ini tidak terlalu diminati jika dibandingkan dengan keempat sarang walet di atas.

 

Baca juga : apa itu sabun black walet?

 

Tips Memilih Sarang Burung Walet

Informasi ini penting untuk anda ketahui. Dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini insyaallah anda bisa benar-benar mendapatkan sarang walet yang berkualitas. Apa saja yang perlu anda perhatikan? Berikut adalah penjelasannya :

 

1. Ada Aroma Telur Mentah

Jika anda menemukan ada sarang walet yang berbau seperti telur mentah, maka hal ini wajar. Mengingat sarang walet memang memiliki bau seperti ini. Namun apabila tidak berbau telur mentah maka anda perlu waspada, karena bisa saja sarang walet tersebut palsu.

 

2. Perhatikan Warnanya

Pada umumnya warna sarang walet adalah putih, namun bukan putih seperti susu tapi putih gading. Ketika direndam ke dalam air, sarang burung walet ini nantinya bakal berubah menjadi warna yang lebih terang karena menyerap air dan menjadi lebih transparan.

 

3. Lihat Kondisinya

Sarang burung walet yang basah lebih mudah dibengkokan dan tidak mudah pecah. Sementara itu, Sarang burung walet yang kering terlihat seperti kering dan mudah patah.

 

4. Tidak Terdapat Bulu Burung Walet

Sarang walet berkualitas seharusnya tidak terdapat bulu walet yang masih tersisa. Hal ini dikarenakan sarang walet telah melalui proses pembersihan yang baik. Jika melihat dengan mata telanjang, bulu burung walet tidak terlihat dan sarang burung walet terlihat bersih.

 

5. Cek Kemurniannya

Air minum yang dipakai untuk proses pembersihan dan perendaman sarang burung walet seharusnya tetap bening dan transparan. Bilamana sarang burung walet menjadi putih maka kemungkinan  sarang burung walet tersebut pernah melalui proses pemutihan selama proses pembersihan

 

6. Beli di Penjual Sarang Walet Terpercaya

Apapun jenis sarang walet yang akan anda beli, pastikan membelinya di tempat yang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penipuan yang mungkin saja terjadi pada anda ketika membeli.

Penjual walet harus bisa menjamin sarang walet tidak mengandung zat kimia atau pemutih. Namun untuk penjual nakal, sudah pasti akan mencampurkan sarang walet dengan pemutih. Jadi anda perlu berhati-hati berkaitan dengan hal ini. Apalagi jika dikonsumsi bisa membuat anda terserang Penyakit kanker.

 

7. Sarang Walet Original adalah Pilihan Terbaik

Memang pada dasarnya ketujuh jenis sarang burung walet yang sudah disebutkan di atas sama baiknya. Hanya saja sarang walet original adalah yang paling baik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Tak mengapa anda harus mengeluarkan uang banyak, asal mendapatkan sarang walet yang benar-benar berkualitas. Daripada keluar sedikit uang tetapi kualitasnya meragukan bahkan sangat buruk. Justru anda yang rugi sendiri pada akhirnya.

 

Demikianlah informasi mengenai jenis sarang walet terpopuler yang ada di negara kita, Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, para pecinta walet sejati. Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

2 Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Ada beberapa cara mengonsumsi sarang walet yang bisa anda lakukan. Begitupun juga dengan pengolahannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, sarang burung merupakan olahan...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *