Kenapa Sarang Walet Mahal di Pasaran? Ini Alasannya

3 min read

Anda mungkin salah satu dari masyarakat awam yang penasaran akan penyebab kenapa sarang walet mahal harganya. Mengingat sarang walet terbuat dari liur hewan tersebut, sebagian orang bahkan menganggapnya sebagai sesuatu yang menjijikkan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa sarang walet memiliki banyak khasiat yang memengaruhi harga jualnya di pasaran.

Kenapa Sarang Walet Mahal di Pasaran

Faktor-Faktor Penyebab, Kenapa Sarang Walet Mahal

Jika diuraikan, banyak sekali faktor penyebab kenapa sarang walet mahal, harganya selalu melambung tinggi. Bahkan jika dianalogikan, harga sarang burung walet 1 kilogram saja setara dengan kurang lebih 40 kilogram emas. Fantastis, bukan? Jadi, kenapa sarang burung walet mahal? Ini alasan-alasannya.

1. Lokasi Ternak Burung Walet Harus Mirip Habitatnya

Dewasa ini, banyak peternak walet yang ‘nekat’ untuk beternak di daerah perkotaan yang bising dan udaranya tercemar. Tidak jarang mereka sekadar memanfaatkan loteng rumah sebagai lokasi ternak. Hal itu memang membuat modal yang dikeluarkan dapat diminimalisir, namun tanpa sadar memengaruhi secara signifikan kualitas sarang walet yang dihasilkan.

Bagaimana bisa? Karena burung walet mudah stres. Sebab itulah, habitat terbaik bagi mereka adalah lokasi dengan cahaya secukupnya, udara bersih, dan suasana sekitar yang tenang. Sementara, lokasi yang dipilih para peternak ‘nekat’ jauh dari deskripsi tersebut. Padahal jika walet stres, mereka gampang mati atau tidak bisa menghasilkan sarang berkualitas.

Sedangkan, jika kualitasnya buruk, harga jualnya pun rendah. Sebab itu, peternakan walet disarankan menyesuaikan habitat aslinya di mana menjadi alasan kenapa sarang walet mahal. Peternak yang memang berniat sungguh-sungguh, tidak akan ragu menyiapkan gedung khusus di pinggiran kota yang jauh dari kebisingan, sekaligus mengatur pencahayaan dan temperatur sesuai kebutuhan walet.

2. Proses Pembentukan Sarang Walet Memakan Waktu Lama

Alasan kenapa sarang walet mahal selanjutnya adalah soal proses. Bagi Anda yang belum tahu seperti apa proses pembentukan dari sarang walet, maka wajar bila sampai berpikir harga jual komoditas tersebut tidak masuk akal. Jadi, sarang burung itu terbentuk dari proses alami. Walet ternak diberi makan secara teratur, kemudian mereka secara naluriah akan membentuk sarang dari air liurnya.

Air liur dikumpulkan tetes demi tetes, bukan langsung terbentuk dalam sehari. Saliva walet akan menggumpal sehingga teksturnya mengeras, namun tetap lembut. Untuk sebuah sarang dapat terbentuk, membutuhkan waktu antara 3-6 bulan. Sehingga wajar bila kemudian sarang walet dijual dengan harga mahal karena tidak bisa dipanen sewaktu-waktu.

Lagi pula, setiap kali panen, rata-rata seorang peternak hanya mampu menghasilkan 10 kilogram. Karenanya, sarang walet tidak tergolong langka, namun juga tidak bisa didapatkan sesuka hati karena stok dari panennya pun terbatas. Biasanya, untuk sistem penjualan, peternak tidak menjual per kilo, namun per sarang yang beratnya kurang lebih 17 gram.

3. Panen Sarang Walet Berisiko

Meskipun peternak tidak ikut campur dalam proses pembentukan sarang walet, namun untuk panen, sepenuhnya tergantung pada keterampilan petani. Hanya karena pembentukan sarang relatif mudah, bukan berarti panennya pun demikian. Berbeda dengan panen telur ayam di mana peternak hanya perlu mencari celah agar tidak ketahuan indukan, panen sarang walet lebih menantang.

Kenapa? Pertama, karena harus mencari waktu saat walet sedang lengah. Burung walet dikenal posesif terhadap sarangnya. Sebab, sarang tersebut biasa dia gunakan untuk beraktivitas, ibarat rumah. Kedua, karakteristik sarang walet rentan yang membuatnya mudah pecah sehingga peternak harus ekstra hati-hati ketika panen, sekaligus menjadi alasan lain kenapa sarang walet mahal.

4. Manfaat Sarang Burung Walet Sangat Penting

Faktor selanjutnya yang membuat sarang walet sangat mahal adalah khasiatnya yang tinggi, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Disebutkan bahwa kandungan utama dari sarang walet adalah protein, kalsium, anti oksidan, dan kolagen yang tinggi. Keempatnya sangat bagus untuk regenerasi jaringan, pembunuh sel-sel racun, dan pembentukan serta perbaikan tulang.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa untuk kesehatan, manfaat sarang burung walet bagus dalam mempercepat proses penyembuhan. Sementara untuk kecantikan bisa membantu kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Khasiat-khasiat tersebut mungkin bisa didapat dari obat-obatan kimia, namun tentunya sarang burung walet lebih disarankan karena dapat dikategorikan sebagai obat alami.

5. Sarang Walet Merupakan Komoditas Ekspor Tinggi Peminat

Permintaan sarang walet sangat tinggi di Tiongkok, Jepang, dan sebagian daerah Eropa. Meskipun ada yang beternak walet sendiri di negara-negara tersebut, namun tidak sebanyak di Indonesia. Dengan demikian, sarang walet pun dijadikan sebagai komoditas ekspor. Ketika suatu produk telah memasuki ranah ekspor, otomatis harganya akan melambung tinggi. Itulah kenapa sarang burung walet mahal.

Peternak juga cenderung mengekspor sarang hasil panennya daripada mendistribusikan di pasar lokal. Terlebih jika sarang yang dipanen termasuk dalam kategori grade A. Untuk pasar lokal, biasanya mereka hanya melayani pesanan pihak tertentu atau memasarkan sarang dengan grade rendah. Padahal pola tersebut membuat harga sarang walet di dalam negeri semakin melambung. Inilah alasan selanjutnya kenapa sarang walet mahal.

6. Olahan Sarang Walet Merupakan Menu Eksklusif

Alasan lain kenapa sarang walet mahal adalah eksklusifitasnya. Sarang walet identik sebagai menu yang disajikan oleh restoran-restoran bintang lima. Praktik tersebut akhirnya membentuk ekuitas merek dari produk itu sendiri. Ketika sebuah produk sudah mencapai ekuitas, konsekwensi yang menyertainya adalah bebasnya penetapan harga. Terlebih jika dibarengi dengan label sebagai olahan eksklusif.

7. Banyaknya Sarang Walet Palsu

Prosentase keuntungan yang menggiurkan membuat munculnya oknum-oknum nakal. Mereka melakukan praktik penjualan dan pendistribusian sarang walet palsu. Bukan berarti imitasi, melainkan sarang walet grade C, bahkan E, yang dipoles sedemikian rupa hingga memiliki tampilan grade A. Padahal, perbedaan harga antar grade bisa mencapai 2-3 kali lipat per gram.

Tindakan curang ini, sedikit banyak berimbas pada semakin tingginya harga sarang walet di pasaran. Disebabkan kian sulitnya membedakan antara sarang walet grade A asli dengan yang palsu. Selain itu, penjualannya pun menjadi lebih sulit karena konsumen yang tertipu menjadi takut, sementara yang belum tahu memilih produk palsu yang lebih murah. Lantas adakah solusi dari ulasan kenapa sarang walet mahal ini? Lanjutkan baca ya…

Solusi Agar Harga Sarang Walet Lebih Terjangkau

Sekian lama bisnis sarang walet dikenal di Indonesia, selama kurun waktu tersebut pula harganya konsisten mahal. Apakah mungkin membuat harga komoditas tersebut lebih terjangkau? Jawabannya, mungkin. Namun, dalam hal ini diperlukan keterlibatan pemerintah mengatur regulasi atas usaha ternak sarang walet di mana selama ini menjadi usaha perseorangan yang relatif bebas.

Kebijakan yang diperlukan adalah mewajibkan peternak untuk menjaga jumlah ekspor produk seimbang dengan pendistribusian dalam negeri. Dengan demikian, stok sarang walet bisa lebih stabil yang mana otomatis berpengaruh pula pada segi harganya. Penentuan harga batas atas dan bawah juga perlu ditentukan dan wajib dipatuhi oleh peternak.

Hanya dengan keterlibatan aktif pejabat berwenang, minimal pemerintah daerah, barulah faktor-faktor kenapa sarang walet mahal dapat perlahan teratasi. Setidaknya membuat harga sarang walet seragam dan stoknya tidak langka di dalam negeri. Sebab, tanpa keterlibatan pemerintah yang berwenang, peternak cenderung membuat keputusan sendiri yang otomatis menciptakan peluang untuk menghasilkan keuntungan setinggi-tingginya.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *