5 Keunikan Burung Walet yang Fantastis!

1 min read

Tahukah anda? Ternyata ada banyak keunikan burung walet, lebih dari apa yang sekedar kita bayangkan selama ini. Karena keunikan tersebut maka tak heran jika burung ini menarik perhatian banyak peternak hewan untuk memeliharanya. Burung walet sendiri merupakan unggas terbang yang banyak hidup di Asia Tenggara.

Keunikan burung walet

Burung walet memiliki nama latin Collocalia vestita dan banyak bertempat di gua-gua dan membentuk sarang di sana. Namun di masa kini, walet sudah mulai banyak di pelihara dan dikembangbiakan hingga pada akhirnya dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan, kini burung walet telah menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

 

5 Keunikan Burung Walet

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang bisnis walet, melainkan tentang keunikannya yang ada pada burung ini. Apa saja itu?

 

1. Hewan Behavior

Walet merupakan hewan behavior artinya hewan ini akan selalu kembali ke habitat asalnya sejauh apapun mereka pergi. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang mau memelihara burung yang satu ini. Mereka tak khawatir hewan peliharaan mereka kabur jauh dari kandang.

 

2.  Hidup Berkelompok

Burung walet merupakan salah satu hewan yang hidup dengan cara berkelompok. Mereka tidak dapat hidup sendiri-sendiri, tetapi saling melindungi satu dengan yang lainnya. Burung walet terbang secara bersama-sama di langit untuk saling melindungi dari serangan predator yang kapan saja bisa terjadi. Kebiasaan ini juga disebabkan karena burung walet tidak mempunyai senjata atau apapun yang bisa melindunginya dari serangan musuh.

 

Baca juga : pantangan burung walet

 

3. Hidup di Daerah Tropis

Keunikan burung walet berikutnya adalah hanya mampu hidup di daerah tropis. Artinya, hewan ini tidak dapat hidup di lingkungan yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Asia Tenggara adalah tempat yang cocok dihuni oleh burung walet karena beriklim tropis, termasuk salah satunya adalah Indonesia dengan suhu sekitar 26-29 derajat celcius

 

4. Suka Tempat Sejuk dan Lembab

Tempat-tempat yang suci dan lembab menjadi kesukaan hewan yang satu ini. Hal ini berkaitan dengan produksi air liur dan kualitas sarang burung walet. Pada musim penghujan, kualitas air liur dan sarang walet semakin bagus karena udara yang lembab.

Berbeda kondisinya ketika musim kemarau yang membuat produksi air liur menyusut karena kondisi udara yang kering. Tentu saja hal ini akan berdampak pada hasil sarangnya mengingat sarang walet berasal dari air liur burung walet itu sendiri.

 

Baca juga : tips budidaya walet rumahan

 

5. Terus Menerus Membuat Sarang

Tidak banyak yang tau, burung walet membuat sarang secara terus menerus. Bukan hanya dalam waktu-waktu tertentu saja. Walet kembali membuat sarang meskipun belum waktunya untuk berkembang biak.

 

Demikian sedikit informasi mengenai keunikan burung walet yang selalu menarik untuk dibahas. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk anda semua.

Apa Saja Makanan Burung Walet Itu?

Bagi seorang peternak Walet, informasi mengenai makanan burung walet sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai anda memberikan makan yang salah sehingga burung tersebut enggan...
info walet
1 min read

5 Langkah dan Cara Membuat Sarang Walet

Bila anda ingin memulai bisnis ternak walet, salah satu langkah awal yang perlu anda pelajari adalah cara membuat sarang walet. Sebab sarang menjadi hal...
info walet
2 min read

Cara Menyimpan Sarang Walet Supaya Bernilai Jual Tinggi

Masih banyak yang belum tau, ternyata ada cara menyimpan sarang walet sehingga membuat harga jualnya semakin mahal. Hal ini perlu diketahui oleh para peternak...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *