6 Khasiat Sarang Burung Wallet Yang Perlu Anda Ketahui!

2 min read

Mungkin Anda sering mendengar, bahwa sarang burung wallet memiliki nilai dan harga jual yang  tinggi. Hal ini tentunya berkaitan dengan khasiat sarang burung wallet itu sendiri. Dimana sarang burung wallet ini dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit, dan juga bisa meningkatkan vitalitas tubuh.

Karena manfaatnya yang begitu besar dan juga persediaannya yang tak banyak. Membuat sebagian orang tertarik untuk memburu sarang burung wallet ini. Sementara yang lainnya berupaya untuk melakukan budidaya dan ternak sarang burung wallet, tentunya dengan memanfaatkan gedung-gedung ataupun rumah-rumah yang kosong. Sebagai tempat bersarang dari salah satu burung yang biasa hidup di dekat pantai ini.

Kandungan Yang Ada Di Dalam Sarang Burung Wallet

Sarang burung wallet memiliki nilai jual yang tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah untuk setiap perkilogramnya. Tentunya, hal ini memang berkaitan dengan khasiat sarang burung wallet yang cukup besar. Terutama bagi kesehatan tubuh.

Namun tahukah Anda, apa saja kandungan yang ada dalam setiap sarang burung wallet ? untuk menambah pengetahuan Anda. berikut beberapa kandungan yang ada pada setiap sarang burung wallet. Diantaranya :

  • Air sebanyak 15,90%
  • Alanin sebanyak 1,31% dan Arginin sekitar 3,93%
  • Asam amino 4,56%, Asam Aspartat 6,34%, Asam Glutamat sebanyak 9,61%, dan juga Asam Sialat sekitar 9%
  • Fenilalanin sekitar 4,49% dan juga Flukosa sebanyak 0,7%
  • Galaktosa 16,9%, Galaktosamin 7,2%, Glisin 1,87% dan Glukosamin 5,3%
  • Histidin sebanyak 2,31%
  • Isoleusin sekitar 1,80%
  • Karbohidrat sebanyak 22,28%
  • Lemak 0,67%, Leusin 3,84% dan Lisin sebanyak 5,44%
  • Metionin 0,48%
  • Prolin 3,64% dan Protein sekitar 58,55%
  • Serin sebanyak 4,56%
  • Tirosin 3,92% dan Trenonin sebanyak 3,82%, serta
  • Valin sekitar 3,93%

Dengan kandungan-kandungan tersebut, kiranya sudah menjelaskan bahwa sarang burung wallet ini memiliki banyak khasiat. Sehingga banyak dicari, dan bahkan dibanderol dengan harga yang fantastis.

Ini Dia Khasiat Sarang Burung Wallet Yang Perlu Anda Ketahui

Jika sebelumnya telah dijelaskan mengenai kandungan yang ada dalam setiap sarang burung wallet. Kini akan dibahas mengenai beragam khasiat dari sarang burung wallet ini. Apa saja ? berikut ulasannya ! Diantaranya :

1.Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Khasiat yang pertama dari sarang burung wallet ini yaitu bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Sebagaimana diketahui, penyakit jantung sebagian besar disebabkan oleh pengentalan darah ( hiperkoagulasi ). Sebaliknya, sarang burung wallet mampu membantu dalam menurunkan resiko terjadinya pengentalan darah.

Efek dari sarang burung wallet ini hampir sama dengan Simvastatin. Namun pada sarang burung wallet ini, tidak akan mempenagruhi kerja dari metabolisme tubuh. Layaknya yang sering ditimbulkan oleh obat penurun kolesterol Simvastatin ini.

2. Mengurangi Dampak Nikotin

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari rokok, atau pecandu rokok sebagai perokok aktif. Juga bagi yang sering terpapar asap rokok, yang dikenal dengan perokok pasif. Sarang burung walet ini memiliki khasiat untuk mengurangi dampak nikotin. Dimana nikotin ini memiliki beberapa dampak buruk. Seperti penyakit pernapasan, gangguan jantung, gangguan kehamilan, kecanduan, dan lainnya.

3. Sebagai Antiokisdan

Antioksidan tubuh diperlukan tubuh untuk menetralisir racun-racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikaitkan dengan beberapa kandungan yang ada pada sarang burung wallet ini, yang terbukti bisa melawan sejumlah radikal bebas, yang ada pada tubuh seseorang.

4. Meningkatkan Imun Dan Vitalitas

Khasiat sarang burung wallet lainnya, yaitu bisa meningkatkan imun tubuh. Bukan itu saja, sarang burung wallet juga dipercaya bisa meningkatkan vitalitas tubuh. Sehingga tubuh bisa menjadi selalu fit dan bugar. Serta terhindar dari berbagai penyakit. Karena khasiatnya tersebut, maka sarang burung wallet sangat cocok dikonsumsi oleh setiap orang. Baik itu anak-anak, dewasa maupun lansia sekalipun.

5. Bisa Mengurang Produksi Insulin Yang Berlebihan Dalam Tubuh

Selain yang telah disebutkan di atas, sarang burung wallet juga memiliki khasiat sebagai penurun insulin yang berlebihan pada tubuh. Sebagaimana diketahui, bahwa insulin yang berlebihan merupakan faktor utama penyebab diabetes. Maka dengan konsumsi sarang burung wallet secara rutin. Tentunya bisa menurunkan insulin, sekaligus mencegah penyakit diabetes.

6. Khasiat Sarang Burung Wallet Yang Lainnya

Dengan beberapa kandungan yang ada di dalam setiap sarang burung wallet ini. Tentunya menjadikan khasiatnya menjadi lebih beragam. Diantaranya mineral yang bisa membantu pembentukan tulang, Asam Aspartate dan Prolin yang berkhasiat untuk membantu proses regenerasi sel, serta Feninilanin yang yang membantu meningkatkan daya ingat.

Sedangkan Tirosin, memilki khasiat untuk membantu proses penyembuhan paska sakit ( recovery ). Sementara Glukosamin diyakini memiliki khasiat dalam penyembuhan tulang yang rapuh/rawan, yang biasa terjadi pada orang yang mengalami pengapuran tulang ( Ostheoporosis ).

Nah, itu dia beberapa khasiat sarang burung wallet yang perlu Anda ketahui. Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi khasiat dari sarang burung wallet ini. Mengingat kandungannya yang banyak dan beragam, tentunya memiliki khasiat yang banyak juga. Hanya saja, dalam pembahasannya ini, hanya diulas beberapa diantaranya saja.

10 Fakta Burung Walet yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ada banyak fakta burung walet yang mungkin saja belum anda ketahui sebelumnya. Mulai dari ciri-ciri, kebiasaan, bentuk tubuh, dan masih banyak lagi fakta-fakta uniknya...
info walet
2 min read

2+ Manfaat Sarang Walet Imitasi

Zelebour kali ini akan mengulas tentang manfaat sarang walet imitasi yang sangat berguna bagi seorang peternak. Dengan sarang walet yang satu ini, anda bisa...
info walet
1 min read

Perbedaan Sarang Walet Asli dan Sarang Walet Imitasi

Sebagai seorang peternak burung walet, anda perlu tahu apa saja perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi. Sebab penggunaan sarang walet imitasi atau...
info walet
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *