10 Manfaat Sarang Burung Walet yang Luar Biasa

3 min read

Manfaat sarang walet bagi manusia menjadi pembahasan pada konten kali ini. Walaupun memiliki harga jual yang sangat tinggi, dengan beragam khasiatnya membuat banyak orang mengolah sarang burung ini menjadi makanan atau olahan lainnya.

Manfaat sarang burung walet

Sarang walet dapat diolah menjadi agar-agar, es, cendol, soup, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sesuai dengan namanya, sarang burung walet dihasilkan oleh burung walet yang banyak terdapat di Asia Tenggara.

 

Tentang Sarang Burung Walet

Sarang burung walet merupakan sebuah sarang yang dibuat dari air liur burung walet tanpa ada campuran dari bahan dari luar tubuhnya. Sarangnya dibuat di langit-langit gua atau plafon rumah untuk menghindarkan diri dari predator.

Sarang burung walet kini mulai sulit tuk didapat. Tak heran jika harga jualnya lebih mahal. Selain itu budidayanya pun cukup sulit karena membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Harganya sendiri bisa mencapai 12 juta rupiah sudah dalam bentuk mangkuk. Jika kualitas semakin bagus tak menutup kemungkinan harganya juga semakin mahal. Walau sempat naik turun, namun tetap saja harganya memang tergolong mahal.

Sesuai apa yang sudah saya singgung di atas, sarang walet terbuat dari air liur hewan tersebut. Namun bukan sembarang air liur yang dikeluarkan, melainkan air liur yang mengandung kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Itu menjadi alasan mengapa olahan sarang walet sangat bermanfaat bagi kesehatan.

 

Baca juga : jenis-jenis walet

 

Manfaat Sarang Burung Walet

Berikut ini beberapa khasiat dari sarang burung walet untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja itu? Mari simak penjelasan tentang manfaat sarang burung walet di bawah ini

 

1. Mengatasi Gejala Menopause

Setiap wanita tentu saja pernah mengalami menopause dalam hidupnya. Biasanya ditandai dengan menurunnya hormon reproduksi dan menimbulkan berbagai reaksi dari tubuh.

Seseorang mengalami menopause rentan terhadap berbagai penyakit, maka dari itu perlu dicegah gejalanya. Sarang burung walet mengandung hormon estradiol yang merupakan jenis estrogen. Kandungan itulah yang membuat banyak orang percaya bahwa sarang walet bisa mengatasi gejala menopause.

 

2. Mengobati Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan suatu kondisi yang membuat sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak. Sarang burung walet merupakan salah satu alternatif obat yang bisa anda gunakan.

Sarang burung satu ini mengandung asam amino yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang rawan sehingga mencegah peradangan semakin parah.

 

3. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat sarang burung walet selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita. Berdasarkan penelitian, sarang burung walet mengandung protein yang dapat merangsang tumbuhnya sel, sehingga imunitas seseorang pun menjadi meningkat.

Tak hanya itu saja, sarang walet juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh anda. Dengan stamina yang kuat, anda bisa menjalani kegiatan dengan baik dan lancar.

 

4. Menjaga Kecantikan Kulit

Selain bermanfaat dari sisi kesehatan, sarang burung walet juga bermanfaat dari segi kecantikan. Kandungan nutrisi dalam sarang burung walet dapat membantu proses regenerasi kulit.

Tak hanya itu saja, sarang burung walet juga mengandung anti aging yang berkhasiat mempertahankan kecantikan kulit dan mencegah datangnya gejala penuaan. Selain itu, kulit anda menjadi lebih kencang, sehat, dan cerah.

 

5. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini termasuk salah satu yang sangat mematikan. Maka dari itu, banyak yang berusaha mencari cara untuk mencegah diri dari penyakit tersebut.

Sarang burung walet menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2015 membuktikan bahwa sarang walet memiliki potensi mampu menurunkan risiko pengentalan darah akibat kolesterol tinggi.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sarang walet memiliki efek yang mirip obat penurun kolesterol. Namun, sarang walet tidak menunjukkan kecenderungan kerja metabolisme jadi memburuk.

 

6. Mencegah Risestensi Insulin

Manfaat sarang burung walet untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah terjadinya Risestensi Insulin. Resistensi insulin sendiri merupakan salah satu faktor risiko terbesar terserang penyakit diabetes yang dikenal mematikan.

Kandungan nutrisi dalam sarang walet mampu mencegah otak melepaskan sinyal yang memperbanyak produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak berlebihan. Tak hanya itu saja, sarang burung walet juga dapat memelihara kerja metabolisme tubuh guna memecah lemak secara lebih efektif.

Walaupun studi yang dilakukan untuk hal ini masih dilakukan pada hewan, namun tak menutup kemungkinan untuk berhasil bila dicoba pada manusia.

 

7. Sumber Mineral yang Baik

Sarang walet kaya akan mineral seperti mangan, tembaga, kalsium, dan seng. Tentu saja kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Mineral mangan bermanfaat dalam hal penyembuhan luka, pertumbuhan tulang, serta melancarkan proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino yang ada di dalam tubuh. Tak sekadar itu saja, mangan juga bisa memastikan enzim bekerja dengan baik.

Dengan kalsium yang mencukupi berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian, dan juga mengatur proses pembekuan darah. Selain itu ada mineral kromium yang berperan membantu penyerapan nutrisi di usus.

Tak lupa juga mineral tembaga yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi. Tak sekadar itu saja, tembaga juga berperan mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen.

 

8. Kaya Antioksidan

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal “Letters In Health and Biological Sciences” menunjukkan bahwa sarang walet termasuk makanan tinggi antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa aktif yang bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, yang menjadi penyebab berbagai penyakit kronis. Contohnya seperti stroke dan kanker.

 

9. Kaya Asam Amino

Selain kaya antioksidan, sarang burung walet juga kaya akan asam amino. Adapun beberapa asam amino yang terkandung di dalam sarang walet adalah asam aspartat, prolin, sistein, fenilalanin, tiroin, dan glukosamin.

Asam aspartat dan prolin yang berguna dalam hal regenerasi sel. Sedangkan sistein dan fenilalanin, bermamfaat untuk meningkatkan kerja impuls saraf, memori, dan penyerapan vitamin D dari sinar matahari. Sementara itu tiroksin berguna untuk mempercepat pemulihan selepas sakit dan glukosamin membantu proses pemulihan tulang rawan.

 

10. Mencegah Obesitas

Manfaat sarang burung walet yang kesepuluh adalah mampu mencegah obesitas. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan pada tikus.

Dan didapatkan hasil bahwa sarang burung walet merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan antioksidan dan antiperadangan. Namun penelitian ini membutuhkan kajian lebih lanjut.

 

Namun untuk mengkonsumsi sarang walet tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Teruntuk anda yang alergi tidak disarankan untuk memakannya dalam jumlah yang banyak.

Waspada juga sarang walet yang mengandung pemutih supaya terkesan lebih cantik dan bersih. Walaupun beberapa manfaat sarang burung walet ini masih belum terbukti secara pasti, namun setidaknya sudah cukup banyak orang yang membuktikannya secara tradisional.

Akhir kata, demikian informasi mengenai manfaat burung sarang walet, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *