Mengenal Burung Walet Hitam dan Harga Sarangnya

1 min read

Burung walet hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan burung walet sarang hitam merupakan salah satu jenis walet yang hidup di Indonesia. Burung yang satu ini mempunyai nama binomial Collolacia maxima dan termasuk ke dalam ordo Apodiformes. Selain di Indonesia, hewan terbang yang satu ini juga ada di berbagai negara lainnya seperti Filipina, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan negara Asia Tenggara lainnya.

Burung walet hitam

 

Namun tempat tinggal atau habitat utamanya berada di hutan hujan dan hitam pegunungan tropis. Sama halnya seperti burung walet putih, burung walet hitam juga menghasilkan sarang yang bernilai jual tinggi. Namun harganya masih sedikit di bawah sarang walet putih :

 

Ciri-ciri Burung Walet Hitam

Setiap jenis burung walet punya ciri-cirinya masing-masing walaupun terkesan mirip karena masih dalam 1 jenis. Untuk burung walet sarang hitam, berikut ini beberapa karakteristiknya :

 

1. Warna Tubuh

Sesuai dengan namanya warna tubuh burung yang satu ini didominasi oleh warna hitam dengan rincian : tubuh bagian atas coklat kehitaman, tubuh bagian bawah gelap, serta memiliki kaki yang berbulu lebat. Sementara itu, bulu ekornya berwarna coklat kelabu.

 

2. Ukuran Tubuh

Sementara itu untuk ukuran tubuh burung walet hitam tergolong sedang dengan ukuran panjang tubuh kurang lebih 12 cm. Kurang lebih hampir sama dengan ukuran tubuh burung sarang walet putih.

 

3. Sarang Walet

Ciri berikutnya bisa kita lihat dari sarangnya. Sarang burung ini berupa mangkuk setengah lingkaran, terbuat dari air liur dan bulu, serta menghasilkan telur berwarna putih berjumlah 1 butir.

 

4. Penyebaran

Di Indonesia, burung walet putih menyebar di beberapa pulau antara lain Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan juga Bali. Bahkan, tak hanya di Indonesia saja, burung satu ini juga hidup di beberapa wilayah Asean lainnya seperti Malaysia, Filipina, dan juga Kamboja.

Sama seperti jenis-jenis lainnya, burung walet sarang hitam juga sangat suka hidup di gua-gua atau daerah dengan tebing yang terjal. Selain itu, cara mencari makannya juga tidak jauh berbeda yakni dengan cara mencari langsung di alam bebas.

 

Baca juga : habitat yang cocok untuk burung walet

 

Harga Sarang  Burung Walet Hitam

Berapakah harga sarang burung walet hitam? Tentu saja bervariasi tergantung dari kualitas sarang itu sendiri. Namun pada umumnya, paling kecil sudah di atas 300 ribu rupiah. Dengan membeli sarang walet, ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan, baik dari segi kecantikan maupun kesehatan (baca juga : manfaat sarang burung walet)

 

Demikian sedikit penjelasan tentang burung walet hitam, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi anda seputar dunia walet. Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

2 Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Ada beberapa cara mengonsumsi sarang walet yang bisa anda lakukan. Begitupun juga dengan pengolahannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, sarang burung merupakan olahan...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *