Parfum Walet Terbaik, Ternyata Bisa Dibuat Sendiri. Mudah dan Murah!

3 min read

Bagi pembudidaya burung walet, mempunyai parfum walet terbaik tentunya sesuatu hal yang sangat diinginkan. Memang sudah banyak produk parfum walet yang bisa langsung Anda gunakan tanpa harus ribet membuatnya sendiri. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri, simak uraian berikut ini.

parfum walet terbaik

Cara Membuat Parfum Walet Terbaik dan Cara Memikat Walet

Sebenarnya ada banyak cara membuat parfum walet terbaik yang bisa coba Anda terapkan. Parfum walet dipakai untuk mendatangkan burung walet agar mau menginap pada tempat yang sudah Anda persiapkan. Sudah ada banyak parfum walet yang ada di pasaran. Dijualnya dalam bentuk gas maupun cairan yang pengemasannya dalam bentuk kaleng. Namun, bagi Anda yang ingin membuat parfum walet berikut ada penjelasannya.

1. Minyak Ikan dan Telur Itik

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 15 minyak ikan.
  • 1 liter air.
  • 15 telur itik.
  • 1 liter air pencucian sarang burung walet.

Cara Membuat:

  1. Campurkanlah air dari pencucian sarang burung walet dengan minyak ikan dan telur bebek.
  2. Setelah itu tambahkan air dengan jumlah sebanyak 1 liter ke dalam adonan yang sudah dibuat sebelumnya dan aduklah sampai merata.
  3. Sesudah semuanya merata, masukkanlah adonan tersebut ke dalam alat semprot.
  4. Kemudian aplikasikan di dalam rumah burung walet yang Anda miliki.

2. Parfum Walet Dari Kotoran

Bahan-bahan yang diperlukan untuk parfum pertama yaitu:

  • Air hujan.
  • Kotoran walet.

Cara membuatnya:

  • Rendamlah kotoran walet dalam suatu baskom dengan air hujan selama waktu 1 minggu atau yang paling baik adalah 2 minggu.
  • Sesudah lewat dari 2 minggu, parfum walet siap dipakai dan diaplikasikan pada gedung walet yang sudah Anda sediakan. Caranya sangat mudah yaitu Anda tinggal menyemprotkannya atau menyiramnya pada dinding di bagian dalam bangunan.

3. Parfum Walet Dari Putih Telur

Bahan-bahan yang diperlukan untuk parfum kedua yaitu:

  • Putih telur.
  • Air hujan.
  • Sarang burung walet.

Cara membuatnya:

  • Rendamlah terlebih dahulu sarang burung walet supaya menjadi lunak selama waktu 1 hari.
  • Kemudian campurkan dengan air hujan dan putih telur yaitu dengan cara di blender.
  • Jika sudah, hasilnya tersebut disimpan selama waktu 1 bulan hingga menimbulkan gas dengan karakteristik botol tempat menyimpannya mengembang.
  • Untuk jumlah takaran bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
  • Parfum walet siap diaplikasikan dengan cara menguaskannya pada seluruh papan sirip.

4 Teknik Memikat Burung Walet Menggunakan Aroma

Teknik aromatik merupakan salah satu upaya yang bisa dilaksanakan untuk menarik burung walet supaya masuk ke gedung walet yang telah Anda sediakan. Caranya yaitu dengan menebarkan aroma walet atau parfum parfum walet terbaik pada area sekitar gedung. Aroma ini nantinya akan merangsang penciuman burung walet sehingga menjadi tertarik untuk masuk ke dalam gedung.

Burung walet nantinya akan mengira bahwa gedung tersebut sudah ditinggali oleh burung walet lainnya. Biasanya aroma dari walet ini dibuat dengan cara menggunakan cairan air liur burung walet dari proses perendaman sarang serta dari kotoran burung walet itu sendiri. Sesudah itu, campuran yang sudah jadi tersebut dioleskan ke bagian dinding gedung.

Aroma-aroma yang dioleskan tersebut bertujuan untuk memberikan bau khas pada gedung walet yang baru. Jika ingin membuat aroma walet, maka Anda bisa membuatnya seperti pada uraian berikut.

1. Kotoran Walet

Di dalam pemakaiannya, kotoran burung walet ditebarkan pada lantai, ventilasi gedung dan dinding secara merata. Sebaiknya lantai diberi pasir sebelum kotoran ditebar ke lantai supaya tempatnya tidak terlalu lembap. Jenis kotoran yang dipakai merupakan kotoran burung walet yang masih baru.

Untuk aroma yang dihasilkan biasanya bisa bertahan sampai 3 minggu. Sebaiknya Anda tidak melempar kotoran walet secara langsung ke muka dinding jika ingin menebarkannya ke dinding gedung. Namun, kotoran walet tersebut dicampur terlebih dahulu dengan air. Kemudian hasil rendaman disemprotkan pada bagian dinding.

Berikut merupakan langkah-langkah membuat larutan yang berasal dari kotoran walet, diantaranya yaitu:

    1. Siapkanlah kotoran burung walet sejumlah 10 kg dan air sejumlah 5 liter. Lakukan pencampuran kedua jenis bahan tersebut hingga merata.
    2. Endapkan cairan yang sudah dibuat tersebut selama waktu 5 hari. Kemudian endapan disaring. Tujuannya tidak lain adalah untuk memisahkan antara cairan dengan bahan. Air hasil dari saringan lalu dicampurkan bersama minyak ikan dengan jumlah perbandingannya 3 : 1. Jika sudah, aduklah hingga rata.
    3. Semprotkanlah cairan yang sudah dibuat ke seluruh bagian dinding atau tembok dari gedung walet. Penyemprotan cairan ini bisa dilakukan sesering mungkin atau dengan waktu minimal 1 minggu sekali.

Mengaplikasikan kotoran walet ini tidak boleh berlebihan dan harus dilakukan secara tepat. Kotoran burung walet merupakan suatu limbah yang bisa menimbulkan berbagai macam gas. Misalnya seperti asam belerang (H2S), karbondioksida (CO) serta amonia (NH3). Akibat yang ditimbulkan adalah udara di dalam gedung menjadi tidak sehat dan tercemar.

2. Jus Sarang Walet

Parfum walet terbaik selanjutnya berbahan sarang walet sendiri. Parfum ini dibuat dari air hasil rendaman sarang walet. Biasanya sarang walet yang direndam merupakan sarang walet yang berkualitas tidak baik. Contohnya adalah sarang-sarang yang sudah mulai membusuk, telat panen dan umumnya berwarna cokelat maupun sarang yang bentuknya tidak sempurna. Berikut ini ada uraian cara membuat aroma walet dari rendaman sarang burung walet, yaitu meliputi:

    1. Siapkanlah sarang burung walet yang kualitasnya tidak bagus alias jelek. Kemudian rendamlah selama waktu satu jam di dalam air.
    2. Jika sudah, blenderlah sarang sampai hancur. Aplikasikan jus sarang walet yang sudah dibuat menggunakan kuas ke bagian nesting plank.

3. Aroma Jadi Hasil Pabrik

Sekarang ini, banyak toko perlengkapan walet yang menyediakan parfum walet sudah jadi hasil pabrik. Jadi, untuk Anda yang baru memulai budidaya burung walet tidak perlu repot-repot membuat parfum walet secara manual yang bahan-bahannya tidak selalu mudah diperoleh. Biasanya parfum walet terbaik tersedia dalam berbagai jenis merk beserta kemasan. Pilihlah jenis parfum walet yang sesuai dengan tempat dari bangunan walet Anda.

4.  Telur Bebek

Selain memakai air dari hasil rendaman sarang burung walet atau kotoran burung walet, pembudidaya walet untuk menghasilkan aroma walet juga bisa memakai telur bebek maupun telur itik. Cara menerapkannya cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan beberapa butir telur bebek atau telur itik. Jumlahnya tergantung dari luas bangunan.

Bagian telur yang dipakai yaitu bagian putihnya saja. Selanjutnya putih telur tersebut dicampurkan dengan air secukupnya sampai menjadi encer. Hasilnya yaitu larutan yang sudah jadi tersebut disemprotkan ke bagian nesting plank.

Produk Parfum Walet di Pasaran

Jika Anda menginginkan parfum walet terbaik tanpa harus membuatnya sendiri, ada beberapa produk yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti H3N1, D11P4, Piro Booster, G1L4, G3L0 dan masih banyak merk lainnya.

Tentu harganya bervariasi. Masing-masing menawarkan keunggulan tersendiri. Jika Anda ingin yang gampang, tidak repot, dan memang ada bujet, membeli produk yang siap pakai bisa saja jadi pilihan. Sebaliknya, jika dana sedang terbatas, Anda pun bisa mendapatkan parfum walet terbaik cukup dengan membuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Ungkap Tuntas 9 Fakta Sabun Black Walet

Sarang burung walet memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan. Peluang ini dimanfaatkan oleh PT Raja Walet Indonesia untuk memproduksi produk kecantikan dari...
admin
3 min read

Harga, Logo, dan Segudang Manfaat Black Walet

Anda mungkin sering mendengar tentang khasiat sarang walet, tapi pernahkah mendengar manfaat black walet? Ketika mendengar tentang black walet, ada dua persepsi yang terbesit...
admin
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *