5 Penyakit Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

1 min read

Apa saja penyakit Burung walet itu dan apa yang menjadi penyebabnya? Sama seperti manusia, burung walet pun juga bisa sakit sehingga mengganggu segala aktivitas burung walet. Umumnya, penyakit yang diderita walet disebabkan karena hal-hal yang membuat dalam bertelur dan membuat sarang.

Penyakit burung walet

Tak hanya itu bila hewan satu ini terganggu kesehatannya maka, sang peternak pun juga bisa merasakan kerugian. Pasalnya walet bisa saja tidak betah dan memutuskan pergi jauh dari rumahnya.

 

Penyakit Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja daftar penyakit yang biasa menjangkiti burung satu ini? Berikut adalah ulasannya.

 

1. Penyakit Karena Semut

Hewan semut bisa membuat burung walet menjadi sakit. Mengapa bisa begitu? Semut menyerang walet dengan cara mengganggu sang hewan terbang ini yang sedang bertelur dan memakan anakan. Tapi tidak semua semut menyerang walet, hanya jenis semut api saja.

 

2. Penyakit Akibat Tikus

Penyakit burung walet selanjutnya bisa disebabkan karena tikus. Pasalnya hewan tersebut (re: tikus) bakal memakan sarang, telur, anakan, dan juga induk walet. Tak hanya itu saja, suara tikus-tikus membuat walet merasa terganggu hingga akhirnya pergi dari rumah. Untuk itu, anda pergi menjauh walet dari hewan-hewan seperti tikus dan sebangsanya.

 

Baca juga : aturan peternakan burung walet.

 

3. Penyakit Karena Cicak atau Tokek

Cicak dan tokek menjadi pantangan burung walet selanjutnya yang harus anda pisahkan. Kotoran tokek membuat ruangan menjadi tercemar sehingga burung walet tidak betah di dalam ruangan tersebut. Tak sekadar itu saja, ketika tokek memakan telur burung walet, ia akan memuntahkan kulitnya ke lantai akan mengotori area burung walet. Kotoran tersebut dapat merubah suhu ruangan sehingga menggangu ketenangan burung walet.

 

4. Penyakit Akibat Kecoa

Kecoa adalah hewan berikutnya yang membuat walet berada dalam masalah. Hal ini dikarenakan kecoa bisa membuat sarang walet menjadi cacat dan juga kecil. Mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan insektisida agar kandang walet terbebas dari segala macam kecoa.

 

5. Penyakit Akibat Burung Hantu

Penyakit walet selanjutnya datang dari burung lainnya, yaitu burung hantu. Bahkan dapat dikatakan burung hantu menjadi mangsa paling berbahaya bagi burung walet. Hewan tersebut tidak segan untuk merusak semua koloni burung walet yang berada dalam satu area.

 

Baca juga : bagaimanakah suara burung walet yang bagus?

 

Jadi selalu berhati-hatilah dengan hewan-hewan tersebut, bila perlu taruh walet anda di tempat yang benar-benar aman dan membuat mereka nyaman. Dengan begitu penyakit burung walet setidaknya dapat diminimalisir. Sekian dan semoga bermanfaat.

2 Macam Migrasi Walet yang Harus Anda Ketahui

Tahukah anda mengenai migrasi walet? Apa saja jenis-jenisnya dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pada intinya, migrasi merupakan perpindahan burung walet dari suatu tempat...
info walet
56 sec read

4 Aroma yang Tidak Disukai Walet

Tahukah anda? Ternyata ada aroma yang tidak disukai walet dan membuatnya merasa tidak nyaman. Ini adalah hal yang lumrah terjadi, sama seperti halnya yang...
info walet
1 min read

Apa Saja Sumber Pakan Walet?

Sebagai peternak walet apakah anda sudah mengetahui sumber pakan walet yang tepat? Atau justru anda asal dalam memberikan makanan? Jangan sampai hal itu terjadi....
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *