PeKJcuQwjsNWNLrT 5 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti, Awas Jangan Sampai Salah!

5 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti, Awas Jangan Sampai Salah!

1 min read

Tahukah anda apa perbedaan burung walet dan burung Sriti itu? Secara sekilas memang kedua burung ini hampir sama, bahkan ada yang menganggap kedua burung ini benar-benar sama. Padahal nyatanya berbeda. Terkadang kedua burung ini kerap berdiri berdampingan di atas, membuat orang semakin bingung membedakannya.

Perbedaan burung walet dan burung Sriti

Namun, kini anda tak perlu bingung lagi karena saya akan membahas tuntas, 5 perbedaan antara burung walet dan burung Sriti. Simak selengkapnya pada konten berikut ini :

 

5 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti

Perbedaan kedua jenis burung ini bisa dilihat dari berbagai sisi. Seperti bentuk fisik, Makanan, gaya terbang, dan masih banyak perbedaan lainnya yang sebenarnya terlihat jelas jika kita teliti melihatnya. Berikut ini kesepuluh perbedaan antara burung sarang walet dan burung Sriti :

 

1. Nama Latin

Dari nama latinnya saja, kedua burung ini sudah berbeda. Burung walet memiliki nama latin Collocalia vestita sedangkan nama latin untuk burung sriti adalah Collocalia esculenta. Jadi, jangan sampai salah sebut lagi ya!

 

2. Cara Mencari Makan

Kedua burung ini sama-sama merupakan pemakan serangga. Dan mencari makan dengan cara terbang serta menyambarnya di udara. Hanya saja, burung walet sedikit lebih aktif dan agresif saat mencari makanan di alam.

 

Baca juga : habitat burung walet

 

3. Bentuk Ekor

Perbedaan berikutnya bisa diketahui dari bentuk ekor kedua burung ini. Dimana untuk burung walet memiliki bentuk ekor yang lebih pendek dan mengkotak sedangkan Sriti memiliki ekor yang lebih panjang dan runcing.

 

4. Material Pembentuk Sarang

Hal yang membedakan antara burung walet dan burung Sriti berikutnya adalah bisa diketahui dari material pembentuk sarang burung tersebut. Sarang burung walet murni dibuat dari 100% air liur walet itu sendiri. Sementara itu, untuk sarang burung Sriti berasal dari campuran daun, rumput, lumut, dan juga air liur sriti.

 

5. Warna Sarang

Dan perbedaan burung walet dan burung Sriti yang terakhir dapat anda lihat dari warna sarangnya. Burung walet memiliki sarang berwarna putih gading, sedangkan sarang burung Sriti berwarna kehijauan hingga kecoklatan.

 

Baca juga : bagaimana suara burung walet yang Bagus?

 

Sebenarnya sangat mudah sekali mengetahui perbedaan burung walet dan burung Sriti, asal anda teliti dalam melihat dan memperhatikan kebiasaannya maka perbedaan tersebut akan terlihat jelas. Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan bagi pembaca sekalian.

10 Fakta Burung Walet yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ada banyak fakta burung walet yang mungkin saja belum anda ketahui sebelumnya. Mulai dari ciri-ciri, kebiasaan, bentuk tubuh, dan masih banyak lagi fakta-fakta uniknya...
admin
2 min read

2+ Manfaat Sarang Walet Imitasi

Zelebour kali ini akan mengulas tentang manfaat sarang walet imitasi yang sangat berguna bagi seorang peternak. Dengan sarang walet yang satu ini, anda bisa...
admin
1 min read

One Reply to “5 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti, Awas Jangan…”

  1. Walet
    Pertama-tama ada tiga kata yang sering diterjemahkan sebagai walet (Bahasa Jawa) atau burung layang-layang(Bahasa Indonesia), yaitu Swift – Swiftlet – swallow. Secara fisik swift dan swallow serupa. Swift adalah sekelompok burung famili Apodidae yang mampu terbang tinggi dan cepat. Swiftlet mengacu bahwa kelompok burung ini mirip swift. Baik swift maupun swiftlet termasuk famili Apodidae (Apodiformes). Sedangkan swallow termasuk famili Hirundinidae (ordo Passeriformes).
    Makna Apodiformes adalah tidak punya kaki. Namun sebenarnya kaki ordo ini sangat kecil sehingga jarang bertengger selain di sarang dan tampak seperti menggantung. Sayapnya merentang lebar 3 kali melebihi ukuran tubuhnya. Karena itu ordo ini mempunyai kemampuan melayang di udara (hovering) cukup lama. Jenis common-swift Apus apus (tidak ada di Indonesia) mampu terbang dengan kecepatan horisontal 111 kpj. Di Indonesia adalah Hirundo rustica (burung layang-layang asia). Ada yang menyebut s(e)riti kembang. Tetapi apapun mereka adalah golongan yang berbeda. Bahkan dapat kita temui bertengger di kabel SUTET milik PLN. Itu yang membedakan Apodiformes dan Passeriformes. Ada dua hal yang menjadi ciri Paseriformes – yaitu tipe burung ocehan dan tipe tukang bertengger. Sedangkan swallow adalah Hirundo leucosoma (pied-wing swallow) dan swallow-swallow yang lain kesmuanya dari Hirundinidae of Paseriformes.
    Yang dimaksud sarang burung walet adalah edible-nest swiftlet (sarang yang bisa dimakan – yaitu sarang yang dihasilkan oleh burung Aerodramus fuciphagus. Ada enam (6) subspecies. Yang di Jawa, Bali dan Sunda kecil adalah Aerodramus fuciphagus fuciphagus. Yang di Flores Aerodramus fuciphagus dammermani. Yang di Sumatra dan Kalimantan adalah Aerodramus fuciphagus vestitus. Yang juga di Sunda Kecil (Sumba, Timor, Suva) adalah Aerodramus fuciphagus micans. Lainnya di luar negeri. Di Sulawesi ada Collocalia esculenta (glossy swiftlet) yang merupakan burung asli sana. Kata esculenta memang berart bisa dimakan (esculentus). Apanya yang bisa dimakan? Lhaaah kalau dagingnya mah emang bisa dimakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.