5 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti, Awas Jangan Sampai Salah!

1 min read

Tahukah anda apa perbedaan burung walet dan burung Sriti itu? Secara sekilas memang kedua burung ini hampir sama, bahkan ada yang menganggap kedua burung ini benar-benar sama. Padahal nyatanya berbeda. Terkadang kedua burung ini kerap berdiri berdampingan di atas, membuat orang semakin bingung membedakannya.

Perbedaan burung walet dan burung Sriti

Namun, kini anda tak perlu bingung lagi karena saya akan membahas tuntas, 5 perbedaan antara burung walet dan burung Sriti. Simak selengkapnya pada konten berikut ini :

 

5 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti

Perbedaan kedua jenis burung ini bisa dilihat dari berbagai sisi. Seperti bentuk fisik, Makanan, gaya terbang, dan masih banyak perbedaan lainnya yang sebenarnya terlihat jelas jika kita teliti melihatnya. Berikut ini kesepuluh perbedaan antara burung sarang walet dan burung Sriti :

 

1. Nama Latin

Dari nama latinnya saja, kedua burung ini sudah berbeda. Burung walet memiliki nama latin Collocalia vestita sedangkan nama latin untuk burung sriti adalah Collocalia esculenta. Jadi, jangan sampai salah sebut lagi ya!

 

2. Cara Mencari Makan

Kedua burung ini sama-sama merupakan pemakan serangga. Dan mencari makan dengan cara terbang serta menyambarnya di udara. Hanya saja, burung walet sedikit lebih aktif dan agresif saat mencari makanan di alam.

 

Baca juga : habitat burung walet

 

3. Bentuk Ekor

Perbedaan berikutnya bisa diketahui dari bentuk ekor kedua burung ini. Dimana untuk burung walet memiliki bentuk ekor yang lebih pendek dan mengkotak sedangkan Sriti memiliki ekor yang lebih panjang dan runcing.

 

4. Material Pembentuk Sarang

Hal yang membedakan antara burung walet dan burung Sriti berikutnya adalah bisa diketahui dari material pembentuk sarang burung tersebut. Sarang burung walet murni dibuat dari 100% air liur walet itu sendiri. Sementara itu, untuk sarang burung Sriti berasal dari campuran daun, rumput, lumut, dan juga air liur sriti.

 

5. Warna Sarang

Dan perbedaan burung walet dan burung Sriti yang terakhir dapat anda lihat dari warna sarangnya. Burung walet memiliki sarang berwarna putih gading, sedangkan sarang burung Sriti berwarna kehijauan hingga kecoklatan.

 

Baca juga : bagaimana suara burung walet yang Bagus?

 

Sebenarnya sangat mudah sekali mengetahui perbedaan burung walet dan burung Sriti, asal anda teliti dalam melihat dan memperhatikan kebiasaannya maka perbedaan tersebut akan terlihat jelas. Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan bagi pembaca sekalian.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

2 Cara Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Ada beberapa cara mengonsumsi sarang walet yang bisa anda lakukan. Begitupun juga dengan pengolahannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, sarang burung merupakan olahan...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *