Perbedaan Sarang Walet Asli dan Sarang Walet Imitasi

3 min read

Sebagai seorang peternak burung walet, anda perlu tahu apa saja perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi. Sebab penggunaan sarang walet imitasi atau tiruan sangat penting untuk memancing burung – burung walet agar mau datang ke bangunan yang sudah anda siapkan.

Dalam bisnis ternak walet, memang sangat penting untuk memperbanyak jumlah produksi walet dahulu, khususnya di tahun – tahun pertama. Dan salah satu cara yang paling ampuh dalam memperbanyak jumlah walet di bangunan yang anda buat adalah dengan menggunakan teknik sarang walet imitasi atau tiruan.

Sarang walet ini sangat ampuh dalam memancing walet masuk dan membuat sarang di tempat yang sama dengan tempat yang anda pasangkan sarang tiruannya. Selain untuk memancing walet, sarang ini juga bisa membuat bentuk sarang walet asli lebih bagus ke depannya.

 

Apa Itu Sarang Walet Imitasi?

Sarang walet imitasi atau sarang walet palsu merupakan sebuah sarang walet yang dibuat sebagai tiruan atau pancingan agar burung walet mau masuk dan bersarang di bangunan yang anda siapkan. Sarang tiruan ini biasanya dibuat dari bahan dasar kertas, karton, atau kardus dengan warna abu – abu atau putih yang mirip dengan sarang asli.

Sarang walet tiruan ini akan terlihat seperti sarang asli di mata burung walet. Untuk anda yang belum tahu, burung walet akan merasa lebih nyaman dalam bersarang di tempat atau bangunan yang sudah terbukti memiliki sarang burung lain di dalamnya. Hal inilah yang menjadi manfaat dari sarang walet tiruan atau imitasi.

Nantinya, burung walet akan mengira bahwa sarang tiruan tersebut adalah sarang dari burung walet lain. Sehingga ia akan lebih yakin untuk membuat sarang di atas sarang tiruan tersebut. Dan karena burung walet adalah tipe hewan yang hidup berkoloni, burung walet yang sudah bersarang di bangunan anda akan memanggil koloninya agar membuat sarang di bangunan yang sama dan berdekatan.

Sebelum adanya pembuatan sarang walet tiruan ini, biasanya pada peternak burung walet menggunakan sarang burung seriti atau kapinis untuk memancing burung walet agar masuk ke bangunannya. Cara kerjanya juga hampir mirip, nantinya bangunan yang dipenuhi sarang burung seriti akan ditempati oleh burung walet dan koloninya. Kemudian burung seriti atau kapinis akan diusir hingga bangunan hanya diisi oleh burung walet.

Tetapi cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Mulai dari mencari bibit seriti hingga menunggu bangunan dipenuhi oleh sarang walet.

 

Perbedaan Sarang Walet Asli dan Sarang Walet Imitasi

perbedaan Sarang Walet Asli dan Sarang walet imitasi

Sebenarnya mengetahui perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi sangat mudah. Sebab sarang walet asli dibuat dari air liur burung walet, sedangkan yang imitasi dibuat oleh kertas dan karton. Dan tentunya sarang walet imitasi tidak bisa dikonsumsi

Tetapi agar tidak tertukar, berikut ini adalah beberapa perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi.

 

1. Warna

Pada dasarnya, sarang walet asli memiliki warna bening dan agak pucat. Warnanya tidak putih bersih, tetapi seperti transparan dan tembus cahaya. Ketika dikumpulkan, baru sarang walet terlihat agak putih karena ketebalan air liur burung.

Sedangkan sarang walet imitasi berwarna putih bersih dan warnanya cenderung mencolok. Warnanya juga lumayan beragam, mulai dari abu – abu, putih terang, hingga hitam. Sesuai dari kondisi kertas dan bahan pembuatnya.

Tetapi warna sarang burung imitasi dibuat semirip mungkin dengan sarang yang asli. Hal ini dilakukan untuk mengelabui burung walet agar mau bersarang dan percaya bahwa sarang tiruan tersebut adalah sarang asli.

 

2. Bau

Sarang walet yang asli memiliki bau yang sangat amis dan khas. Hal ini dihasilkan dari bau air liur burung walet dan bau dari tubuhnya. Selain itu kotoran dari burung walet juga membuat sarangnya menjadi bau amis.

Sedangkan sarang walet imitasi tidak memiliki bau amis sama sekali. Yang ada justru baunya seperti bau campuran plastik dan kertas karton. Tentunya bau ini dihasilkan dari bahan sarang walet imitasi yang dibuat dari bahan kertas biasa.

Nah untuk mengelabui burung walet, anda bisa menyemprotkan parfum walet. Parfum walet ini adalah cairan yang dibuat dari campuran kotoran burung walet dan sarang walet yang berkualitas rendah yang dilarutkan ke dalam 2 liter air dan didiamkan semalaman.

 

3. Bentuk dan Tekstur

Sarang burung walet yang asli memiliki tekstur yang agak kasar dan terlihat berserat. Bentuknya umumnya serupa, yaitu seperti mangkok kecil. Tetapi bila diperhatikan, tiap sarang yang asli memiliki ukuran yang berbeda – beda baik dari besarnya maupun dari ketebalannya.

Sarang walet imitasi juga harus dibuat semirip mungkin dengan sarang walet yang asli. Baik dari segi bentuk maupun tekstur.

Yang terpenting adalah bentuk dari sarang walet tiruan harus dibuat serupa dengan sarang walet, khususnya pada lengkungannya. Biasanya, lengkungan pada sarang burung walet sangat pas dengan ukuran tubuhnya. Jadi, anda perlu bisa mengira – ngira seberapa besar lengkungan yang anda buat pada sarang burung imitasi ini.

 

5. Fungsi

Seperti yang kita semua ketahui, fungsi sarang walet yang asli adalah untuk tempat ia tinggal dan menaruh telur, mengeraminya, dan tempat ia mengurus anak – anaknya. Dan bila dikonsumsi oleh manusia, sarang burung walet ini berfungsi sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga kronis.

Untuk penyakit ringan, sarang burung walet bisa digunakan untuk menghilangkan penyakit panas dalam. Sedangkan untuk penyakit kronis dan parah, sarang burung walet bisa berfungsi untuk meredakan rasa sakit dari kemoterapi untuk pasien kanker.

Sedangkan untuk sarang walet imitasi, berfungsi untuk memancing burung walet seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tetapi bukan hanya itu, sarang imitasi ini juga bisa digunakan sebagai sarang darurat untuk burung walet.

Bila memanen sarang burung walet dengan cara mengambilnya sebelum burung walet mengeluarkan telur, tentunya burung akan merasa panik karena sarangnya tiba – tiba hilang. Nah, untuk sementara, anda bisa menggunakan sarang walet imitasi di tempat yang sama dengan sarang walet asli yang anda ambil.

Nantinya burung walet akan mengeluarkan telurnya di sarang imitasi tersebut dan mengeraminya. Memang hasil telurnya tidak pasti akan menetas, tetapi bila menetas sarang imitasi tersebut akan digunakan oleh walet sebagai sarangnya hingga anak burung tumbuh dewasa.

 

6. Harga

Perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi yang terakhir bisa anda lihat dari harganya. Harga sarang burung walet yang asli saat ini bisa mencapai 10 hingga 14 juta per kilo nya. Harga ini adalah harga untuk sarang walet dengan kualitas tinggi.

Sedangkan untuk sarang walet imitasi hasil cetakan hanya sekitar 200 hingga 300 ribu rupiah saja. Dengan harga tersebut anda juga sudah dapat sekitar 50 buah sarang walet imitasi.

 

Jadi seperti itulah beberapa perbedaan sarang walet asli dan sarang walet imitasi. Bila anda kesulitan mencari penjual sarang walet imitasi, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan desain yang lebih simple.

10 Fakta Burung Walet yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Ada banyak fakta burung walet yang mungkin saja belum anda ketahui sebelumnya. Mulai dari ciri-ciri, kebiasaan, bentuk tubuh, dan masih banyak lagi fakta-fakta uniknya...
info walet
2 min read

2+ Manfaat Sarang Walet Imitasi

Zelebour kali ini akan mengulas tentang manfaat sarang walet imitasi yang sangat berguna bagi seorang peternak. Dengan sarang walet yang satu ini, anda bisa...
info walet
1 min read

Ciri Ciri Burung Walet Gunung yang Harus Anda Ketahui

Mengetahui ciri – ciri burung walet gunung akan sangat membantu anda, para pengusaha sarang walet, dalam menentukan jenis burung mana yang ingin anda ternakan....
info walet
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *