Sifat Burung Walet yang Perlu Anda Ketahui

1 min read

Mungkin anda masih belum memahami sifat burung walet. Sifat ini perlu untuk anda ketahui agar bisa mengetahui lebih jauh bagaimana seharusnya memperlakukan burung tersebut. Secara umum, memang tidak ada beda kebiasaan secara umum burung walet dengan burung lainnya. Sama-sama gemar terbang dan juga hidup berkoloni.

Sifat Burung Walet
Sumber gambar : freepik

Tetapi apa hanya itu saja sifat burung walet? Tentu saja tidak. Ada banyak sifat-sifat lain yang mungkin belum anda ketahui. Apa saja itu? Simak pembahasannya berikut ini

 

Sifat Burung Walet

Berikut ini beberapa contoh sifat-sifat dari seekor burung walet :

 

1. Suka Hidup di Tempat yang Lembab

Walet sangat suka tinggal di tempat yang lembab. Selain itu walet juga suka hidup di tempat yang sejuk. Hal ini bukan tanpa alasan, karena erat kaitannya dengan kualitas sarang dan kemampuannya dalam memproduksi air liur. Pada saat musim hujan ketika udara tengah lembab, produksi sarang akan meningkat serta kualitas sarangnya juga akan semakin baik.

Sementara itu pada saat musim kemarau, terjadi penurunan produksi air liur karena kondisi udara yang kering. Hal ini membuat daging sarangnya menjadi tipis sehingga mudah lepas.

 

2. Liar

Burung walet adalah hewan yang liar. Meskipun saat ini sudah banyak orang yang memeliharanya, tetapi itu hanyalah menyediakan tempat bagi walet untuk berkembangbiak. Mereka tetap mencari makan sendiri ke luar, dan itu memang kesukaannya.

Mereka keluar gedung dan mencari makan sesuka mereka kemanapun. Bahkan selama mencari makan burung walet tidak tega memakan serangga-serangga kecil yang menempel di pohon ataupun di tempat-tempat yang lainnya

 

Baca juga : penyakit-penyakit burung walet

 

3. Sensitif Terhadap Lingkungan

Sifat burung walet berikutnya adalah mereka sensitif terhadap lingkungan. Untuk itulah, burung walet harus tinggal di tempat yang tenang, nyaman, dan terbebas dari segala gangguan. Tempat sunyi dan gelap merupakan lokasi yang bisa membuat burung walet merasa nyaman.

 

4. Home Behaviour

Burung walet juga memiliki sifat home Behaviour, maksudnya hewan yang satu ini selalu pulang dan pergi ke sarangnya sama seperti manusia yang selalu pulang ke rumahnya. Semakin dewasa, walet akan semakin ingat untuk kembali pulang ke tempat dia berasal.

 

Baca juga : perbedaan walet asli dan palsu

 

5. Hanya Dapat Hidup Di Wilayah Tropis

Hewan terbang yang satu ini hanya mampu hidup di wilayah tropis dengan curah hujan rata-rata 6 bulan per tahunnya. Dan Indonesia merupakan wilayah yang memenuhi kriteria tersebut. Maka tak heran jika burung walet sangat mudah ditemukan di negara kita, bahkan dikembangbiakan. Selain di Indonesia, burung walet juga bisa anda temukan di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Thailand.

 

Bagaimana? Sekarang sudah tau kan mengenai sifat burung walet? Dengan mengetahuinya diharapkan bagi siapapun yang memelihara burung ini bisa memperlakukannya secara tepat. Sekian dan semoga bermanfaat!

Apa Saja Makanan Burung Walet Itu?

Bagi seorang peternak Walet, informasi mengenai makanan burung walet sangat penting untuk diketahui. Jangan sampai anda memberikan makan yang salah sehingga burung tersebut enggan...
info walet
1 min read

5 Langkah dan Cara Membuat Sarang Walet

Bila anda ingin memulai bisnis ternak walet, salah satu langkah awal yang perlu anda pelajari adalah cara membuat sarang walet. Sebab sarang menjadi hal...
info walet
2 min read

Cara Menyimpan Sarang Walet Supaya Bernilai Jual Tinggi

Masih banyak yang belum tau, ternyata ada cara menyimpan sarang walet sehingga membuat harga jualnya semakin mahal. Hal ini perlu diketahui oleh para peternak...
info walet
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *