Bagaimana Suara Burung Walet yang Bagus Itu?

3 min read

Suara burung walet

Suara burung walet harus diakui memang terdengar menarik dan punya ciri khas tersendiri. Karena hal itulah membuat jenis burung yang satu ini cukup banyak yang memeliharanya hingga sekarang. Selain itu, walet dipelihara untuk dibudidayakan sarang dari air liur burung tersebut.

Walet sendiri merupakan burung yang habitatnya ada di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan negara-negara di Asia Tenggara. Tak hanya itu saja, walet juga bisa kamu temukan di Papua Nugini dan sebagian negara Asia lainnya. Burung Walet biasa hidup di gua-gua dan juga tebing-tebing tinggi. Dalam mencari makan burung satu ini lebih bersifat aktif daripada pasif.

Burung ini juga sangat suka tempat yang cukup lembab dengan cahaya remang-remang hingga gelap. Tempat tersebut dianggap bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi hewan tersebut.

Burung walet lebih sering terbang ke angkasa, ke gua-gua, tebing-tebing untuk mencari makanan sendiri. Tidak hanya menunggu di atas pohon saja. Selain itu dengan segala keunikan yang ada pada burung satu ini membuat banyak orang membudidayakannya.

Dan untuk membudidayakannya, seorang peternak walet harus membangun rumah khusus yang dipakai sebagai tempat tinggal walet. Mengenai cara pembuatan rumah walet tak perlu lagi saya jelaskan lagi pada artikel kali ini karena sebelumnya sudah pernah dijelaskan.

Namun yang juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana membuat walet tersebut selalu tertarik untuk kembali ke rumah yang sebelumnya sudah dibangun. Terkait hal ini, anda bisa memanfaatkan tweeter walet atau hasil rekaman suara walet itu sendiri. Tujuannya supaya walet menjadi terpancing sehingga akan masuk ke dalam kandang.

Dalam postingan sebelumnya telah saya jelaskan secara gamblang bagaimana proses pembuatan tweeter walet yang benar untuk dipasang di dalam tempat yang disediakan. Selanjutnya langsung saja kita mengenai apa saja kiat-kiat mengetahui kualitas dari suara burung yang satu ini. Yuk, disimak!

 

Bagaimana Suara Burung  Walet yang Baik Itu?

Berbicara soal suara burung walet, ada beberapa kriteria yang menandakan burung satu ini memang memiliki suara yang benar-benar berkualitas sehingga cocok untuk dipelihara. Adapun beberapa kriteria tersebut antara lain :

 

1. Suara Jernih + Berkualitas

Ini menjadi ciri utama seekor walet dianggap memiliki suara yang baik dan membuat banyak orang tertarik. Dengan berbekal suara yang jernih, membuat burung yang satu ini banyak didatangi oleh burung walet yang lainnya.

Oh ya, selain itu jika anda merekam suara walet suara yang jernih sudah jelas jauh lebih enak didengar sehingga walet lain akan menghampiri sumber suara tersebut. Perlu untuk anda ketahui juga, ada beberapa cara yang biasa dilakukan walet guna menghampiri suara yang dimaksud.

Cara pertama yaitu dengan menyambar-nyambar twitter. Hal ini menandakan bahwa walet merasa terganggu dengan suara tersebut. Selain itu, bila walet terus menerus berputar mengelilingi walet menandakan ada hal yang tidak disukainya.

Kemudian cara kedua adalah walet akan langsung masuk ke dalam gedung. Ini berarti pertanda bahwa burung walet tidak merasa terganggu dengan suara tersebut. Berarti anda sudah melakukan hal yang tepat dalam merekam suara burung walet.

 

2. Melakukan Tes

Ingin tau apakah suara burung walet bagus atau tidak? Cobalah melakukan tes yang dilakukan pada pagi hari ketika burung walet keluar dari sarangnya untuk mencari makan (sekitar jam 6 pagi). Jika suaranya berkualitas, maka maka walet akan berbalik arah dan menghampiri lagi sumber suara tersebut.

Dan ketika hewan tersebut masuk dan pada akhirnya keluar lagi merupakan sesuatu hal yang biasa. Terlebih lagi jika ruangan yang dimasukinya tidak layak sehingga membuatnya tidak betah untuk tinggal lama-lama di tempat tersebut.  Ruang putar memang harus dibuat sebaik dan senyaman mungkin.

Disarankan bagi para peternak walet untuk mempertimbangkan beberapa hal seperti suhu, kelembaban, luas hingga suara inap atau tarik harus menjadi daya tarik walet tersebut. Untuk ukurannya sendiri disarankan 2 x 2 m, 3 x 3 m atau 4 x 4 m. Intinya semakin luas akan semakin bagus.

Perlu untuk anda ketahui juga ukuran ruang putar begitu berpengaruh terhadap perkembangan kloni walet dalam gedung. Perbandingan ruang putar 4 x 4 m jauh lebih cepat perkembangannya daripada ruang putar yang berukuran 2 x 2 m.

 

3. Suara Harus Kompatibel

Suara (dalam hal ini suara panggil) walet haruslah mempunyai karakter yang sama dengan suara inap atau suara tarik. Bilamana suara panggil dan inap/tarik tidak se irama maka perkembangan walet menjadi lebih lambat.

Di internet ada banyak sekali orang yang membagikan suara burung walet secara gratis yang bisa didownload oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia. Tapi apakah suara tersebut benar-benar bagus dan berkualitas? Jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak.

Anda melakukan uji coba langsung dengan memasangnya di gedung walet yang sudah anda bangun. Jika mampu menarik perhatian walet hal tersebut menandakan jika memang hasil rekaman suara tersebut benar-benar berkualitas.

 

4. Melihat Kapasitasnya

Untuk suara rekaman walet ada salah satu indikator atau kriteria yang dapat dikatakan bahwa suara walet tersebut benar-benar berkualitas. Anda bisa melihat kapasitas ukuran byte yang tinggi sehingga suara jadi bulat dan tidak samar

 

Mengetahui bagus tidaknya suara dari walet memang bukanlah perkara yang mudah. Dan butuh waktu untuk mengetahuinya. Memang dengan mendengarnya langsung membuat kita secara sekilas bisa menentukan bagaimana suara burung tersebut. Baik itu suara asli maupun suara hasil rekaman.

Bahkan jika anda benar-benar bisa membedakan mana suara walet yang buruk dan bagus, hal ini bisa jadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi anda. Banyak produsen suara walet yang menjual hasil rekamannya kepada banyak orang. Alhasil banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Pemasukan anda pun akan semakin bertambah. Apalagi burung walet juga menghasilkan Sarang dari air liurnya maka semakin bertambah lagi Penghasilan anda dari budidaya walet saja.

Tak hanya itu saja, mengetahui bagaimana suara burung walet juga sangat berguna ketika anda hendak membeli langsung hewan ini ke toko hewan. Jika anda tidak hafal dengan ciri-cirinya, maka anda harus mengetahui bagaimana bunyi atau suaranya.

Dengan begitu anda tidak akan tertipu jika karena penjual nakal telah memberikan burung yang tidak sesuai kepada anda. Jadi, suara burung walet merupakan informasi yang penting untuk diketahui. Sekian dan semoga bermanfaat.

Beberapa Penyakit Karena Burung Walet, Waspadalah!

Tahukah anda? Ternyata ada juga penyakit karena burung walet yang menjangkiti manusia. Selama ini mungkin anda mengira bahwa burung satu ini selalu membawa manfaat...
info walet
1 min read

Bagaimana Cara Membedakan Sarang Walet Asli dan Palsu?

Informasi tentang bagaimana cara membedakan sarang walet asli dan palsu perlu untuk anda ketahui supaya tidak keliru ketika membelinya. Sudah bukan rahasia lagi, saat...
info walet
1 min read

2 Cara Renovasi Arus Walet dengan Mudah

Cara renovasi arus walet perlu dilakukan untuk mempermudah walet untuk keluar dan masuk gedung tanpa mengalami hambatan berarti. Ada beberapa hal yang perlu anda...
info walet
53 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *